Catherina van der Linden masih tampak bahagia dan energik di usianya 111 tahun/Net
Catherina van der Linden masih tampak bahagia dan energik di usianya 111 tahun/Net
KOMENTAR

TIDAK banyak lansia yang masih memiliki paras cantik, bugar, dan selalu tampak bahagia. Catherina van der Linden adalah sedikit di antara lansia yang masih tampak bugar, bahagia, dan cantik. Ia kini diketahui berusia 111 tahun dan dinobatkan sebagai perempuan tertua di dunia.

Tentunya ada rahasia yang membuat Linden memiliki umur yang panjang. Perempuan yang lahir di Belanda pada 1912 dan kemudian bermigrasi ke Australia ini membagikan rahasianya tepat di hari ulang tahunnya.

“Sampai saat ini saya tetap aktif mengikuti sesi gym dan berjalan-jalan. Saya kadang-kadang memaksakan diri ketika saya mulai sedikit lelah dan saya piker sudah waktunya untuk melakukan sesuatu pada diri sendiri dan memastikan bahwa saya masih memiliki energi yang dimiliki sebelumnya,” kata Linden, seperti dikutip Farah.id dari The Advertiser.

Tak hanya nge-gym dan berjalan-jalan, perempuan yang kini memiliki empat anak, 10 cucu, dan 15 cicit ini juga masih mengendarai sepeda. Durasinya kurang lebih 10 menit untuk menghabiskan waktu dengan bersepeda.

Putri sulung Linden, Mariella Hocking mengatakan, hidup di atas usia 100 tahun bukanlah hal aneh dalam keluarganya. Namun benar, bahwa ibunya adalah sosok yang menonjol dalam keluarga dekatnya.

“Ibu punya seorang bibi yang juga hidup sampai usia 110, tetapi semua saudara laki-laki, perempuan, bibi dan pamannya hanya hidup sampai usia 60-an dan awal 70-an. Jadi menurut saya, ada gen aneh di keluarga itu,” ujar Hocking.

Dari pemetik anggur hingga admin kantor

Linden muda bermigrasi ke Australia bersama suami dan keluarganya pada 1955. Di Australia, bermacam-macam pekerjaan dilakukannya, mulai dari memetik anggur, asisten perawat dan juru ketik, hingga asisten administrasi.

Aktivitas Linden tak jarang menginspirasi beberapa penghuni rumah untuk mengikuti. Salah satunya adalah Willoughby.

“Catherina adalah inspirasi bagi kami semua. Dia masih rutin berjalan-jalan di sekitar fasilitas. Sebenarnya kami memiliki beberapa penghuni baru yang mulai melakuan rutinitas yang sama (dengan Linden),” ujar Willoughby.

Saat ini, Linden tinggal di West Beach Residential Care Southern Cross Care di Adelaide.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women