Chandrayaan-3 adalah pesawat luar angkasa milik India yang berhasil mendarat di Bulan/Net
Chandrayaan-3 adalah pesawat luar angkasa milik India yang berhasil mendarat di Bulan/Net
KOMENTAR

INDIA sukses mendaratkan pesawat ruang angkasanya, Chandrayaan-3, di Bulan. India menjadi negara keempat yang sukses melakukan pendaratan di Bulan secara umum setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China.

Kesuksesan proyek Chandrayaan-3 tidak terlepas dari hasil kerja keras ratusan ilmuwan yang menggabungkan keahlian dan sumber daya mereka. Di garis depan misi ini ada puluhan ilmuwan yang telah menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk meneliti data dan mempelajari desain untuk memastikan bahwa India menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat luar angkasanya di depan kutub selatan Bulan.

Melansir dari kantor berita India Tomorrow, ada sekitar 54 insinyur atau ilmuwan yang bekerja langsung di misi Chandrayaan-3. Mereka adalah rekanan dan wakil direktur proyek serta manajer proyek dari berbagai sistem yang bekerja di pusat berbeda.

Dan ternyata, ada dua ilmuwan perempuan muslim yang berkonstribusi dalam kesuksesan ini, yaitu:

1. Sana Firoz

Adalah sarjana teknologi (2006-2010) di bidang teknik elektronik dan komunikasi dari Universitas Teknologi Madan Mohan Malaviya di Gorakhpur di Uttar Pradesh Timur. Ia termasuk di antara 54 ilmuwan dan insinyur perempuan yang berkontribusi terhadap keberhasilan Chandrayaan-3. Sana merupakan warga dari kota kecil Mau, tentangga Azamgarh, yang telah bekerja dengan ISRO di Mohali sejak 2013.

2. Khushboo Mirza

Juga seorang ilmuwan perempuan muslim lainnya yang terlibat dalam proyek ini. Mirza adalah seorang sarjana teknologi di bidang Teknik Elektronika dari Aligarh Muslim University dan bekerja di pusat ISRO di Greater Noida.

Dia adalah seorang ilmuwan berpengalaman yang ahli dalam produk ArcGIS, yaitu rangkaian perangkat lunak klien, server, dan sisten informasi geografis (GIS) online yang dikembangkan dan dikelola oleh Environmental Systems Research Instatute (ESRI).

ESRI merupakan perusahaan perangkat lunak sistem informasi geografis multinasional Amerika.

Selain kedua nama ilmuwan perempuan muslim ini, nama ilmuwan muslim lainnya yang terlibat aktif dalam kesuksesan Chandrayaan-3 adalah Yasser Ammar (suami Sana Firoz), Mohammed Sabir Alam, Areeb Ahmad, Akhtedar Abbas, Ishrat Jamal, Moh Kashif, dan Sonali Jain.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News