Ilustrasi Pusar/Net
Ilustrasi Pusar/Net
KOMENTAR

PUSAR bisa berbau jika kita tidak pernah membersihkannya. Bentuk pusar yang seperti cekungan dan memmiliki banyak lipatan membuatnya mudah menangkap kotoran.

Jika kotoran sudah menumpuk, maka akan menyebabkan bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan infeksi atau timbul penyakit seperti jamur. Akibatnya, tentu saja akan tercium bau tidak sedap.

Bau yang timbul dari pusar biasa berasal dari lubang pusar yang lembab karna air, lotion, atau keringat. Berikut penyebab dan cara mengatasi pusar bau. 

Infeksi yang menyebabkan pusar bau dapat diakibatkan karena jamur Candida yang tumbuh berkembang biak dalam lubang pusar, selain bau juga dapat menimbulkan kemerahan. Juga dapat diakibatkan karena bekas pemakaian tindik pada pusar sehingga bakteri masuk kedalam lubang tindik yang menimbulkan pembengkakan hingga nanah. 

Jenis kista yang menimbulkan bau pada pusat yaitu kista sebasea, epidormoid dan pilar. Kista tersebut berbentuk benjolan berisi cairan yang mengandung protein keratin yang terinfeksi sehingga menimbulkan bau busuk yang menyengat. 

Kotoran yang bertumpuk tidak pernah dibersihkan atau jarang dibersihkan menjadi penyebab utama mengapa pusar bau. 

Cara mengatasi bau pada pusar secara alami adalah mandi secara teratur. Bersihkan pusar dengan kapas atau pembersih telinga setiap habis mandi. Bilas dengan air hangat lalu elap sampai kering agar tidak lembab.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women