Ibu yang mampu mendidik anak dengan baik, dialah yang baik akhlaknya/Pixabay
Ibu yang mampu mendidik anak dengan baik, dialah yang baik akhlaknya/Pixabay
KOMENTAR

HASAN Al Basri dalam Adab Al Hasan Al Basri wa Munaqibuh menjelaskan, “Apabila kamu melihat hal yang tidak kamu sukai pada anakmu, mohonlah kepada Rabb untuk mencabut hukuma-Nya padamu, dan bertobatlah kepada-Nya atas dosa-dosamu. Karena keburukan anakmu tak lain ditujukan untuk menegurmu.”

Kita sudah mencoba berbagai jurus parenting untuk mengubah perilaku anak yang tidak patut. Namun entah mengapa, sangat sulit untuk mengubah sifat buruk dalam dirinya.

Satu hal yang tidak banyak dipahami orang tua, bahwa sejatinya perkara tidak baik yang ada pada diri seorang anak, sesungguhnya adalah teguran dari Allah Swt. untuk orang tuanya.

Dalam perkataan, kita mungkin seringkali menyakiti hati orang lain.

Dalam perbuatan, kita tanpa sadar seringkali merugikan hak orang lain atau melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt.

Jelaslah bahwa setiap orang tua adalah teladan bagi anaknya. Dan hal itu bukan hanya dalam kapasitas sebagai orang tua, tapi juga sebagai seorang hamba Allah. Sudah baikkah ibadah kita? Sudahkah kita menjauh dari maksiat? Dan apakah kita sudah menjadi hamba yang bertakwa?

Tanpa usaha kita memperbaiki diri, akan sangat sulit bagi anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik.




Ana Khairun Minhu

Sebelumnya

Hubbu Syahwat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur