Tugu
Tugu "selamat datang" Yogyakarta, daerah dengan angka harapan hidup tertinggi di Indonesia/Net
KOMENTAR

BADAN Pusat Statistik merilis daftar kota dengan penduduk paling berumur panjang di Indonesia per tahun 2022. Kota mana saja yang masuk Top Three?

Berdasarkan data BPS yang dihimpun Farah.id, angka harapan hidup rakyat Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Jika di masa sekitar awal 1970-an rata-rata usia orang Indonesia hanya 47-48 tahun, menjadi 52-53 tahun pada 1980-an, maka di tahun 2000-an, harapan hidup orang Indonesia menembus usia 60 tahun.

Peringkat ketiga ditempati Kalimantan Timur dengan rata-rata usia penduduk perempuan 76 tahun dan rata-rata usia penduduk laki-laki 72 tahun.

Peringkat kedua kota dengan penduduk berumur panjang ditempati Jawa Tengah. Data menunjukkan perempuan di Jawa Tengah bisa hidup hingga 78 tahun dan rata-rata usia laki-laki adalah 72 tahun.

Dan peringkat pertama kota dengan penduduk berumur panjang di Indonesia diraih oleh DI Yogyakarta. Angka harapan hidup perempuan menembus angka 76 tahun dan laki-laki 73 tahun. Ini berarti DI Yogyakarta telah dua tahun berturut-turut berada di peringkat pertama.

Angka Harapan Hidup (AHH) adalah alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk secara umum dan secara khusus untuk meningkatkan tingkat kesehatan penduduk.

Jika suatu daerah dinyatakan memiliki AHH rendah, maka harus diikuti dengan program Pembangunan kesehatan dan program sosial lain. Program lainnya meliputi jaminan gizi dan kalori yang cukup, menciptakan lingkungan yang sehat, hingga pemberantasan kemiskinan.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News