ilustrasi sakit pinggang dikarenakan ginjal bermasalah/net
ilustrasi sakit pinggang dikarenakan ginjal bermasalah/net
KOMENTAR

KASUS gangguan ginjal akut akibat cemaran pada obat batuk sirup di Kamerun jadi kekhawatiran dunia. 

Pasalnya, dilansir dari Reuters menyebutkan data WHO khawatir obat batuk berbahaya tersebut tak hanya beredar di Kamerun, tetapi juga sudah menyebar ke negara lain. 

Gangguan ginjal akut tidak hanya disebabkan karena dipicu keracunan zat berbahaya dalam obat. faktor lain seperti aliran darah berkurang, kerusakan langsung pada ginjal dan penyumbatan saluran kemih juga bisa berakibat ginjal akut. 

Faktor dikarenakan aliran darah berkurang dapat menyebabkan acute kidney injury atau AKI. Hal ini bisa terlihat dari tekanan darah rendah (hipotensi) atau syok, kehilangan darah atau cairan (seperti perdarahan, diare berat).

Selain itu, serangan jantung, gagal jantung, dan kondisi lain yang menyebabkan penurunan fungsi jantung, kegagalan organ (misalnya jantung, hati), terlalu sering menggunakan obat pereda nyeri atau'NSAID" juga jadi pemicu terkena ginjal akut. 

Sementara itu, penyakit dan kondisi yang dapat merusak ginjal dan menyebabkan gangguan ginjal akut disebakan dari jenis infeksi parah yang mengancam nyawa, 'sepsis', jenis kanker 'multiple myeloma'

Terkhir dikarenakan faktor penyumbatan saluran kemih. Dalam beberapa orang kondisi atau penyakit tertentu bisa menghalangi keluarnya urin dari tubuh dan dapat menyebabkan gagal ginjal akut. 

Penyumbatan dapat disebabkan karena kandung kemih, prostat, atau kanker serviks, terjadinya pembesaran prostat, ada masalah dengan sistem saraf yang memengaruhi kandung kemih dan buah air kecil, batu ginjal, dan terjadinya pembekuan darah di saluran kemih.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health