Ilustrasi anak berenang/net
Ilustrasi anak berenang/net
KOMENTAR

Membiasakan buah hati untuk berolahraga sejak dini sangat baik untuk perkembangan tubuh anak. Namun, ada beberapa olahraga yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan dunia yakni olahraga renang.

“ AAP (American Academy of Pediatrics) merekomendasikan olahraga ini pada anak dan dapat dimulai sejak usia 1 tahun,” kata Dokter Spesialis Anak, Mesty Ariotedjo dilansir dari media sosial miliknya @mestyariotedjo, Sabtu (15/7). 

Dia menyarankan orangtua untuk mengajarkan anak berenang sejak usia 1 tahun. Pengajaran berenang pada anak ditujukan sebagai tinfakan pencegahan kecelakaan.

“Pasalnya, kemampuan berenang merupakan 1 dari 10 penyebab kematian terbanyak pada kelompok usia 1-24 tahun,” ujarnya.

Menurut dia, anak tidak harus belajar berenang persis di usia 1 tahun. Sesuaikan tahapan belajarnya dengan kematangan emosional, perkembangan fisik, serta kenyamanan anak.

Tak lupa, Mesti juga mengingatkan para orang tua terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter anak jika ingin mulai mengajarkan berenang.

Anak yang belajar dan mampu berenang sejak dini bisa mendapatkan perkembangan otak optimal, memiliki koordinasi dan fleksibilitas kuat, serta stamina tinggi.




Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Sebelumnya

Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family