Ilustrasi khutbah Jumat/ANTARA
Ilustrasi khutbah Jumat/ANTARA
KOMENTAR

DIREKTORAT Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama RI mengajak segenap ormas untuk memperkuat literasi keagamaan, salah satunya dengan menyediakan khutbah Jumat yang berkualitas.

“Ada dua cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan literasi keagamaan di masyarakat yaitu dengan menyiapkan naskah khutbah berkualitas dan mempromosikan naskah tersebut melalui aplikasi PUSAKA,” ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam FGD Bidang Kepustakaan Islam, Jakarta (4/7/2023) seperti dilansir laman kemenag.go.id.

Alasan mengapa penguatan literasi keagamaan dilakukan dalam bentuk khutbah Jumat mengingat jemaah salat Jumat sangat banyak sehingga sosialisasinya diharapkan bisa dilakukan serentak dan efektif.

Diharapkan masyarakat dapat mengakses naskah-naskah khutbah Jumat yang berkualitas tersebut dan dijadikan panduan serta pijakan untuk menjalankan nilai-nilai agama dengan baik dan benar, selaras dengan hablumminannas.

Untuk memperkuat literasi keagamaan di masyarakat, Kemenag menggandengan ormas dan lembaga keagamaan. Termasuk, menandatangani MOU dengan Lembaga Takmir Masjid PB Nahdlatul Ulama.

MOU ditandatangani Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dan Ketua LTM PBNU Mansyur Syaeroji.

“Kerja sama ini bagian dari ikhtiar kita untuk meningkatkan kualitas literasi keagamaan di tengah masyarakat,” pungkas Dirjen Bimas Islam.




Dewan Pers: Kepala Sekolah Jangan Takut Hadapi Oknum yang Salahgunakan Profesi Wartawan

Sebelumnya

Pemerintah Tunda Pemberlakuan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Hingga Oktober 2026

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News