Bersama Universitas Telkom Bandung, JIP terus berupaya mengenalkan konsep smart city kepada akademisi/Ist
Bersama Universitas Telkom Bandung, JIP terus berupaya mengenalkan konsep smart city kepada akademisi/Ist
KOMENTAR

KONSEP inovatif Kota Pintar semakin diminati oleh pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai persoalan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta mengoptimalkan layanan publik. Konsep ini dinilai lebih efektif mengembangkan wilayah perkotaan yang masyarakatnya membutuhkan mobilitas dinamis dan serba cepat, guna mengakselerasi kinerja ekonomi daerah. 

Jakarta menjadi salah satu kota yang telah mengembangkan beberapa bentuk inovasi digital, di antaranya dalam membantu mengelola konsumsi energi, sensor pintar dalam mengatur arus lalu lintas, efisiensi transportasi, aplikasi seluler yang memungkinkan warga untuk melaporkan masalah secara real-time dan terlibat langsung dengan layanan Kot,; telemedicine dan lain sebagainya.

Sebagai upaya memberikan informasi terkini, khususnya guna menarik dukungan penerapan transformasi digital yang dapat mendorong ekosistem teknologi dalam mewujudkan Smart & Liveable City, PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), selaku anak usaha  dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Perseroda, yang bergerak di bidang teknologi informasi, komunikasi dan telekomunikasi, kembali menggelar webinar. Kali ini menggandeng civitas akademika Universitas Telkom, Bandung.

Dalam acara yang juga diperuntukan bagi khalayak luas ini, PT JIP memberikan edukasi publik berupa pemahaman kepada masyarakat melalui kolaborasi Media Sosial Live Instagram antara Universitas Telkom dan PT Jakarta Infrastruktur Propertindo yang membahas tentang bagaimana membangun ekosistem teknologi dapat menjadikan “Kota Pintar” yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tampil sebagai narasumber dalam acara webinar kali ini Soni Fajar Surya N Asesor SPBE, Yudhistira Nugraha sebagai Pengelola Jakarta Smart City, dan Araf Anbiya Direktur Utama JIP yang juga sebagai praktisi Smart City dari PT JIP.  

“JIP dalam upayanya membangun infrastruktur penunjang, seperti penyelenggaraan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu untuk mendukung Smart City, juga terus memberikan sosialisasi maupun edukasi kepada publik, termasuk pemahaman mengenai soft skill dan hard skill di perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan SDM yang cakap digital dan berdaya saing,” ujar Araf Anbiya.

“Kota dinilai cerdas ketika sudah dapat memaksimalkan sumber daya dalam layanan Teknologi Informasi Komunikasi, tata kelola dan peran Sumber Daya Manusia yang baik. Semoga dengan langkah bertahap kami dalam memberikan edukasi di kalangan civitas akademika, dapat mewujudkan impian tersebut dan turut berkontribusi mendorong perkembangan pembangunan Smart and Liveable City secara lebih positif dan bermanfaat untuk semua,” ujar Araf.

Ke depannya, JIP akan terus melakukan road show webinar di universitas atau perguruan tinggi lainnya guna memberikan informasi dan pemahaman perkembangan teknologi informasi dan infrastruktur penunjang komunikasi DKI Jakarta untuk pembangunan ekosistem digital Smart City di kota-kota besar lainnya di tanah air.




Ikatan Penerbit Indonesia Dukung Peluncuran Buku Pemenang Lomba Menulis Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) 2023

Sebelumnya

Kumala Academy Siap Mencetak Pebisnis Hospitality dan F&B yang Handal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E