Ilustrasi oat milk/Net
Ilustrasi oat milk/Net
KOMENTAR

SUSU merupakan minuman yang disukai oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Umumnya masyarakat mengonsumsi susu yang berasal dari hewan ternak, seperti sapi, kambing atau unta. Namun ada beberapa yang menggantinya dengan susu nabati, salah satunya adalah susu gandum (oat milk).

Oat merupakan salah satu jenis gandum yang sehat. Biasanya oat dibuat sebagai sereal dan dikonsumsi bersama dengan susu. Belakangan ini oat juga dibuat menjadi susu, yang dijadikan susu pengganti oleh orang-orang yang alergi susu sapi.

Dikutip dari hellosehat, susu gandum memiliki nutrisi yang tidak berbeda dengan gandum utuh, karena telah melewati proses penyaringan. Umumnya, oleh produsen ditambahkan vitamin atau mineral tambahan, seperti kalsium, kalium dan fosfor untuk melengkapinya.

Dilansir dari healthline, dalam 240 ml susu oat yang dibuat tanpa pemanis, terkandung beberapa unsur vitamin, seperti protein sebanyak 3 gram dan lemak sebesar 5 gram, serta beberapa vitamin seperti vitamin A, B dan D.

Lalu apa manfaat susu gandum bagi kesehatan?

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari susu gandum, antara lain:

1. Bebas laktosa dan kacang

Karena berbahan dasar gandum dan air, susu gandum ini bebas laktosa dan kacang-kacangan. Laktosa merupakan protein yang terdapat di dalam susu sapi. Bagi sebagian orang, protein ini dapat menimbulkan reaksi alergi. Begitu pula dengan orang yang alergi kacang-kacangan, susu almond atau susu kedelai dapat menimbulkan reaksi yang sama. Susu gandum dapat menjadi alternatif yang dinilai lebih aman dari risiko alergi.

2. Sumber vitamin B yang bagus

Susu gandum mengandung vitamin B seperti riboflavin (B2) dan vitamin B12. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti dapat meredakan stres, mengurangi kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesehatan rambut, kuku dan kulit.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Susu gandum mengandung beta glukan, yaitu sejenis serat larut yang membentuk zat seperti gel di dalam usus, dapat berfungsi mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya.

4. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Susu gandum kemasan sering ditambahkan dengan kalsium dan vitamin D, yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan otot. Kedua zat tersebut merupakan mineral utama yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium di saluran pencernaan agar lebih maksimal. Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium yang terdapat di dalam susu gandum dapat membantu kontraksi otot-otot di dalam tubuh.

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan, konsumsi susu gandum harus hati-hati, karena mengandung glutten. Pada sebagian orang, glutten dapat menimbulkan reaksi seperti diare, kembung dan mual. Susu ini relatif aman dikonsumsi anak-anak, namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health