Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SERINGKALI saat terasa lelah atau ketika bangun tidur, muncul lebam berwarna biru di beberapa bagian tubuh, seperti tangan atau kaki. Lebam tersebut terkadang memunculkan rasa sakit atau tidak terasa apa-apa. Orang tua dulu seringkali mengatakan lebam tersebut karena dijilat setan atau jin.

Dokter Felix Gio dalam akun Instagramnya menjelaskan, lebam yang muncul pada beberapa bagian tubuh disebabkan karena adanya perdarahan atau darah yang menumpuk di kulit.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan:

  1. Mungkin saja sebenarnya ada benturan yang tidak disadar, makanya muncul lebam-lebam tersebut.
  2. Bisa jadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, di mana pembuluh darah menjadi tipis dan mudah pecah. Pembuluh darah ini bisa tipis karena kurangnya nutrisi, seperti vitamin C atau kolagen atau karena penuaan.
  3. Adanya gangguan pembekuan darah, sehingga ketika pembuluh darah terluka atau bocor, darah akan keluar terus menerus karena tidak bisa menggumpal. Dan ketika terjadi gangguan pembekuan darah, hindari benturan dan lebih berhati-hati, konsumsi makan-makanan yang sehat dan langsung berkonsultasi dengan dokter.

Risiko penyakit dengan gejala lebam

Selain akibat benturan atau cedera, memar juga bisa menandakan adanya suatu kondisi medis yang berbahaya, seperti:

  • Hemofilia, yaitu gangguan pembekuan darah.
  • Idiopathic Thrombocytopenic purpura (ITP) atau penyakit autoimun yang ditandai dengan trombosit yang rendah akibat penghancuran trombosit tanpa sebab yang jelas oleh hati dan limpa. Penyakit ini sampai sekarang belum diketahui penyebabnya dan banyak dijumpai para pria dan anak-anak.
  • DBD bisa mengakibatkan tubuh mudah memar, karena kadar trombosit yang rendah.
  • Leukemia. Memar-memar, mimisan, atau perdarahan gusi, sering ditemui pada kanker darah yang disebabkan oleh leukemia. Ini karena pertumbuhan sel darah putih yang abnormal, sehingga mengganggu produksi dan fungsi sel darah lain, seperti trombosit, yang berperan penting dalam pembekuan darah.
  • Sirosis hati, merupakan kondisi kerusakan pada organ hati karena sel-sel di dalamnya berubah menjadi jaringan parut.
  • Purpura senilis adalah penyakit yang terjadi akibat pembuluh darah semakin rapuh dan biasanya dialami oleh lansia.

Memar memang tidak bisa dianggap remeh, apalagi jika memas tersebut cukup luas dan tanpa penyebab yang jelas. Perhatikan pula, apakah Anda termasuk orang yang mudah memar dan bekasnya tidak bisa hilang dalam waktu dua minggu.

Jika memar tersebut disertai bengkak dan nyeri juga keluhan perdarahan yang tidak kunjung henti, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health