Presiden Jokowi pimpin delegasi Indonesia ke Malaysia/ANTARA
Presiden Jokowi pimpin delegasi Indonesia ke Malaysia/ANTARA
KOMENTAR

MENTERI Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah masuk dalam delegasi yang berangkat ke Malaysia bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan PM Malaysia Anwar Ibrahim di kediaman resmi PM Malaysia di Putrajaya, Kamis (8/6/2023), kedua pemimpin negara berkomitmen untuk memperkuat perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) juga penegakan hukum yang adil bagi PMI.

Keduanya sepakat membentuk mekanisme khusus bilateral untuk penyelesaian masalah PMI. Presiden Jokowi juga mendorong terwujudnya Community Learning Center di Semenanjung, pemulangan WNI di Depo Imigrasi, serta one channel system yang harus segera dioptimalkan.

Dalam keterangan pers Kemnaker (9/6/2023), Menaker Ida menyatakan bahwa Indonesia dan Malaysia telah menuangkan kesepakatan bilateral dalam Memorandum Saling Pengertian tentang penempatan dan perlindungan PMI sektor domestik di Malaysia (MSP PMID) pada 1 April 2022.

Sejak saat itu, terus dilakukan integrasi one channel system antara sistem perwakilan RI di Malaysia (SiPermit) dengan system pemerintah Malaysia.

Menaker menegaskan, integrasi sistem tersebut bertujuan untuk mewujudkan tata kelola penempatan PMI di Malaysia yang aman, cepat, juga transparan.




Viral Siti Aisyah, Gambarkan Ironi Dunia Pendidikan

Sebelumnya

Menteri Perhubungan Layangkan Teguran Keras untuk Garuda Indonesia Terkait Terganggunya Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News