Inilah toilet transparan, jika sudah terkunci dari dalam, smart glasses-nya akan berembun sehingga tidak tembus pandang/Net
Inilah toilet transparan, jika sudah terkunci dari dalam, smart glasses-nya akan berembun sehingga tidak tembus pandang/Net
KOMENTAR

TOILET umum selama ini identik dengan antrean dan aroma yang tidak sedap. Tapi siapa sangka, ada toilet umum yang sangat canggih dan mewah, bahkan sempat viral di Jepang. Toilet itu terlihat cantik dengan bilik-bilik pintu transparan.

Ada di Kawasan Dukuh Atas, dekat Stasiun BNI City, Jakarta Pusat, toilet ini menggunakan teknologi smart glasses. Toilet ini masuk kategori premium, di mana untuk menggunakannya kamu harus membayar Rp5 ribu, baik dengan uang tunai atau uang elektronik.

Toilet yang beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 15.00 (Senin-Kamis) dan jam 20.00 (Jumat-Sabtu) ini tidak hanya untuk buang air besar dan kecil saja, loh. Di toilet premium ini kamu bisa mandi, karena toilet ini menyediakan fasilitas sabun dan shower. Bahkan, waktunya tidak dibatasi.

Petugas toilet dari Mister Loo, Hendri Gultom menjelaskan, toilet transparan ini ramai dikunjungi, terutama pada saat Car Free Day. Selain warga yang datang untuk berolahraga di area CFD, toilet ini sering pula dimanfaatkan karyawan perkantoran.

“Tidak perlu khawatir menggunakan toilet transparan ini. Memang, toilet ini terlihat transparan, tetapi teknologi smart glassesnya akan menutup jika dipakai, sehingga tidak terlihat dari luar. Saya bertugas memastikan pengunjung sudah menguncinya dari dalam, karena pintu akan berubah berembun jika sudah terkunci semua,” kata Gultom.

Toilet transparan ini sebenarnya sudah beroperasi sejak Januari 2023 di sejumlah kawasan di Jakarta, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kota Tua, dan sekarang di Dukuh Atas.

Adapun fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari sabun, kloset duduk, shower, dan kaca. Toilet ini terjamin kebersihannya. Dan dari empat bilik toilet, ada satu yang dikhususkan bagi disabilitas.

Bagaimana nih Sahabit Farah, sudah coba toilet transparannya?




Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Sebelumnya

BMKG: Hujan Intensitas Ringan Hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Sepanjang Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News