Kawasan Geopark Danau Toba/Net
Kawasan Geopark Danau Toba/Net
KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik keputusan UNESCO yang memutuskan empat situs geopark Indonesia masuk dalam Global Geopark (UGG).

Menurut Sandiaga, legitimasi dari UNESCO ini akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya terhadap keberlanjutan pelestarian potensi keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang ada di dalam masing-masing geopark. 

"Sekaligus sebagai sarana promosi yang efektif sehingga dapat menambah minat wisatawan, tidak hanya nusantara tapi juga mancanegara," kata dia dalam keterangannya, Jumat (26/5/2023).

Sandiaga juga mengatakan pihaknya akan mendukung penuh langkah promosi di keempat geopark yang baru saja ditetapkan serta enam geopark yang sebelumnya telah lebih dulu ditetapkan.

Geopark sebagai wilayah geografi yang memiliki warisan dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi, lanjut Sandi, akan dikembangkan dengan tiga pilar utama yakni konservasi, edukasi, dan pengembangan ekonomi lokal. 

"Termasuk memastikan keterlibatan desa-desa wisata di sekitar geopark agar dapat berkontribusi dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi berbasis geopark," demikian Sandi.

Untuk diketahui, UNESCO dalam keterangan resminya menyatakan terdapat 18 situs geopark terbaru yang ditetapkan dalam jaringan UGG. Termasuk di dalamnya empat situs geopark Indonesia.

UNESCO Global Geopark adalah sebuah wilayah geografis di mana situs dan lanskap yang menjadi aset geologis internasional dikelola dengan konsep konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu.  




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News