Ilustrasi pemakaian lipbalm/Net
Ilustrasi pemakaian lipbalm/Net
KOMENTAR

BEBERAPA dari kita biasanya tidak segan berbagi barang dengan orang terdekat seperti sahabat, kekasih, hingga keluarga. Tapi ternyata kebiasaan tersebut justru membahayakan kesehatan, loh.

Meminjamkan barang bisa membuat kita tertular atau menularkan beberapa bakteri dan sumber penyakit kepada orang lain. Kamu tidak pernah tahu, apa saja yang terjadi pada bibir mereka. Bisa saja banyak bakteri yang dapat berpindah ke bibir ketika kamu memakai lipbalm yang sama. 

Belum lagi jika mereka menggunakan jari-jari untuk mengoleskan lipbalm tersebut. Perlu diketahui, ada banyak sekali bakteri yang bisa hidup di jari-jari kita.

Ini bahaya berbagi lipbalm yang Sahabat Farah harus tahu:

Bisa terkena penyakit herpes

Salah satu alasan terpenting lain mengapa kamu tidak seharusnya berbagi lipbalm adalah meningkatkan risiko tertular herpes. Jika teman yang meminjam lipbalm kamu mengalami masalah kerusakan pada kulit atau bibir pecah-pecah dan juga sedang menderita sariawan atau terinfeksi virus herpes, maka kemungkinan besar kamu akan tertular.

Herpes ditandai dengan lepuhan-lepuhan kecil berisi cairan yang berada di area bibir. Biasanya, ini disebabkan oleh virus herpes dan umum terjadi jika kamu berbagi lipstik atau mencium orang yang terinfeksi.  

Dan, produk bibir merupakan produk yang mudah menjadi pembawa bakteri. Sehingga penting bagi kita untuk tidak berbagi dengan orang lain

Perpindahan bakteri yang cepat

Ini merupakan alasan paling penting, mengapa kamu sebaiknya tidak berbagi lipbalm. Bibir memiliki pembuluh darah yang luas tepat di bawah permukaan kulit. Apapun yang kamu oleskan pada selaput tipis bibir, secara otomatis akan diteruskan ke dalam sistem tubuh melalui aliran darah, dan ini tentu saja termasuk bakteri-bakteri yang berpindah akibat kebiasaan meminjamkan lipbalm.

Virus dapat hidup selama beberapa minggu

Virus bisa menempelkan diri ke lipbalm dan bertahan di sana selama berminggu-minggu. Jadi, jika teman kamu sedang menderita flu atau pilek, maka virus bisa saja menular ke tubuh kamu melalui pemakaian lipbalm yang sama.

Nah, itu dia bahaya meminjamkan lipbalm kepada teman. Jika memang ada teman kamu yang ingin meminjam, usahakan tidak meminjamnya dengan alasan kesehatan, ya Sahabat Farah. Jika ia memaksa, jelaskanlah dampak-dampak buruk yang akan terjadi.

Semoga bermanfaat!




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health