Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SUNSCREEN merupakan produk skincare yang wajib dipakai di pagi hari. Sunscreen melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit dan memicu tanda-tanda penuaan.

Sekarang ini, sudah banyak produk sunscreen yang memiliki klaim dapat melindungi kulit dari blue light layar gadget. Meski memiliki peran yang sangat penting, penggunaan sunscreen juga punya beberapa efek samping yang wajib diwaspadai, apalagi jika takaran pemakaiannya tidak tepat (terlalu banyak).

Mengutip Stylecraze, berikut ini beberapa efek samping penggunaan sunscreen yang perlu diwaspadai, yaitu:

  • Memicu reaksi alergi, terutama pada sunscreen yang mengandung bahan PABA. Karena itu disarankan untuk memakai tabir surya yang memiliki label hypoallergenic.
  • Memperburuk jerawat, karenanya dianjurkan untuk memilih produk yang non-komedogenik atau yang tidak berminyak. Baik memilih tabir surya yang sesuai jenis kulit.
  • Memicu terjadi iritasi pada mata apabila penggunaannya terlalu dekat dengan mata. Bahkan, mata bisa mengalami kebutaan jika sunscreen masuk ke mata.
  • Meningkatkan risiko kanker payudara karena penggunaan tabir surya memiliki efek pada kadar estrogen darah.
  • Nyeri di area berbulu hingga memunculkan nanah di folikel rambut.

Takaran tepat penggunaan sunscreen

Masih banyak perdebatan terkait takaran penggunaan sunscreen. Ada yang menyebut idealnya sebanyak dua jari, tapi tidak sedikit yang mengatakan sebaiknya dua ruas jari.

Founder GLOEI dr Matahari Arsy, SpKK menjelaskan takaran sunscreen yang tepat bisa dihitung sesuai dengan ukuran wajah. Artinya, setiap orang memiliki takaran yang berbeda-beda.

“Secara umum dibutuhkan sekitar 0,8 sampai 1 gram sunscreen untuk area wajah dan leher. Sunscreen bisa digunakan dua ruas jari atau FTU (unit ujung jari) karena satu ruas jari itu kurang lebih 0,5 gram. Jadi untuk mencapai kebutuhan minimal, diperlukan dua ruas jari atau setara dengan dua jari satu garis lurus,” kata Matahari.

Ditambahkan, kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 1 ons untuk menutupi seluruh tubuh mereka sepenuhnya atau kurang lebih seukuran dua cangkir obat ukuran 15 ml.

Jadi, panduan ruas jari hanyalah sebuah mekanisme untuk membantu mengetahui pengaplikasian jumlah sunscreen minimal.




Limited Stock, Buttonscarves Gandeng Halima Aden Luncurkan Koleksi The Crown Series

Sebelumnya

Ini Dia Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Harus Kamu Hentikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA