Para peserta Launching kampanye #RamadanTanpaKelaparan di Masjid Jami Aisah Gani, Minggu (19/3)/Farah.id
Para peserta Launching kampanye #RamadanTanpaKelaparan di Masjid Jami Aisah Gani, Minggu (19/3)/Farah.id
KOMENTAR

RAMADAN menjadi bulan yang sangat dinanti bagi setiap Muslim. Di bulan yang penuh berkah ini, segala kemuliaan serta keberkahan sangat sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi, banyak keutamaan dan keistimewaan Ramadan, sehingga bisa menjadi waktu terbaik bagi umat Islam untuk memperbaiki diri, meningkatkan keimanan.

Mengambil bagian untuk membawa keberkahan bagi setiap umat, Farah.id berkolaborasi dengan Lembaga Amil Zakat Yayasan Wakaf Djalaludin Pane (LAZ YWDP) bukapangan meluncurkan kampanye #RamadhanTanpaKelaparan.

Launching kampanye ini dilaksanakan di Masjid Jami Aisah Gani, di Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat, pada Ahad, 19 Maret 2023. Peluncuran #RamadanTanpaKelaparan ini didukung oleh beberapa community partner seperti Hijabers Community, Remaja Masjid Sunda Kelapa,  juga Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI). Menghadirkan Dai Milenial Kang Rensu, peluncuran kampanye ini diramaikan pula oleh kehadiran Farah Community, ibu-ibu Majelis Taklim Masjid Jami Aisah Gani, serta mahasiswi-mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Manajer Event dan Marketing Farah.id Juliantiqo mengatakan, acara Silaturahmi & Taklim Komunitas Muslimah Indonesia ini diharapkan dapat menjadi sebuah simfoni indah yang mempersatukan berbagai elemen kemuslimahan di Tanah Air untuk syiar Islam.

“Saya berharap, kehadiran kita di masjid Aisah Gani ini bukan hanya bisa memperluas ukhuwah, melainkan juga menjadi penyemangat dan pengingat, yang menyiapkan mental menyambut Ramdan, yaitu mental pengejar pahala, juga mental istiqomah,” kata Tiqo dalam sambutannya.

Dai milenial Kang Rensu/Farah.id

Mirah Hartika, Presiden Direktur bukapangan mengutarakan, kegiatan ini menjadi langkah awal bukapangan menyambut Ramadan tahun ini. Sebagai Lembaga Amil Zakat berskala Nasional, Ramadan merupakan momen menanam lebih banyak lagi kebaikan. #RamadanTanpaKelaparan sendiri dihadirkan untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat luas untuk berbagi kebaikan kepada mereka yang masih mengalami rawan kelaparan di bulan suci ini.

“Ramadan adalah bulan amalan dan kebaikan yang berlipat ganda, salah satu amalan yang paling banyak dilakukan adalah bersedekah. Mari kita coba renungkan, sedekah yang begitu banyak beredar di bulan Ramadan, sudahkah tepat sasaran? Harapan kami, kampanye #RamadanTanpaKelaparan ini mampu menjadi salah satu program yang efektif untuk menyalurkan sedekah kepada masyarakat miskin, homeless dan mustadh’afin atau mereka orang-orang yang terlemahkan karena situasi sulit yang tidak terelakkan,” ujar Mirah.

I Love Ramadan

Acara ini dibuka dengan gemuruh oleh tim Hadroh Masjid Jami Aisah Gani, pimpinan Ustadz Abdul Razaq, SQ. Selanjutnya, diisi tausiah oleh Dai Milenial Kang Rensu, yang memberikan penyemangat kalbu dan mengambil tema: I Love Ramadhan, Menata Hati Membuat Hidup Lebih Berarti.

“Saat Ramadan tiba, haruslah kita sambut dengan hati yang tenang dan bahagia. Jika hati baik, Allah akan memberikan kebaikan ke seluruh hidup kita. Dua hal yang tidak akan hilang dalam hidup, yaitu kasih sayang Allah kepada umat-Nya dan penilaian manusia kepada diri kita,” kata Kang Rensu.

Agar hati tenang, lanjut Kang Rensu, ada baiknya kita jangan memfokuskan diri pada penilaian manusia, tetapi fokuslah pada penilaian yang datangnya dari Allah Swt. Masalah yang kita hadapi, merupakan bentuk kasih sayang Allah. Masalah adalah cara Allah untuk membuat manusia mengenal-Nya.

Ada 3 rumus untuk membuat hati tenang, yaitu:

  1. Dzikrullah atau berdzikir dengan menyebut nama Allah
  2. Membaca Al-Qur’an
  3. Salat
  4. Bersedekah
  5. Berkumpul dengan orang sholeh

“Tatkala kita menunaikan kewajiban terhadap Allah, maka pada saat itu Allah akan menyelesaikan masalah kita. Jadi, jangan jauh-jauh dari Allah,” ujarnya.

Peluncuran Kampanye #RamadhanTanpaKelaparan

Yuliantiqo, Mirah S, dan Kang Rensu secara resmi luncurkan kampanye #ramadantanpakelaparan/Farah.id

Selanjutnya, di akhir tausiah Kang Rensu, dilaksanakan launching kampanye #RamadhanTanpaKelaparan. Dengan acara ini, Dewi Rahmayati selaku manager Markom LAZ YWDP bukapangan berharap, dapat menyebarkan semangat Ramadan tanpa kelaparan ke banyak orang.

“Kehadiran Kang Rensu, yang merupakan dai muda, pendakwah milenial yang tentunya banyak disukai kelompok-kelompok muslim seusianya, pasti punya komunikasi yang efektif untuk ini semua,” ucap Dewi.

Mengusung Tema “I Love Ramadhan: Menata Hati Membuat Hidup Lebih Berarti”, semoga acara ini memang bermakna di hati yang hadir dan di hati masyarakat muslim milenial Indonesia.




Bikin Romantis, Negara Dongeng Republik Naminara di Korea

Sebelumnya

Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News