Ashanty/Net
Ashanty/Net
KOMENTAR

KONDISI Ashanty sedang tidak baik-baik saja. Minggu (19/2), Azriel Hermansyah yang ditemui di Istora Senayan mengatakan, ibu sambungnya sedang menjalani perawatan di rumah sakit, karena kondisinya sedang menurun.

Ya, istri Anang Hermansyah itu harus dilarikan ke rumah sakit akibat sinusitis akut yang dideritanya. Ini adalah kali ketiga Ashanty harus dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.

“Kondisinya menurun, jadi dirawat lagi. Sama yang kemarin, jadi tiga kali. Setelah ini operasi mungkin ya, kan memang harus diambil tindakan. Kalau nggak diambil tindakan, waktunya bisa lama,” kata Azriel.

Namun untuk saat ini, Ashanty diketahui sudah pulang dan menjalani rawat jalan saja. Hal itu terungkap dari unggahan terbarunya di InstaStories.

“Alhandulillah, terapi sinus bisa di rumah sekarang. Terima kasih @rspusatpertamina, sudah home care,” tulis Ashanty.

Mengenal bahaya sinusitis

Bahaya sinusitis sering kali tidak disadari oleh sebagian besar penderitanya. Hal ini mungkin dikarenakan sinusitis memiliki gejala yang hampir sama dengan flu biasa, yaitu pilek dan sakit kepala. Padahal jika tidak segera ditangani, sinusitis dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Sinusitis adalah kondisi ketika rongga yang berada di sekitar hidung (sinus) mengalami peradangan akibat infeksi atau iritasi. Penderita biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri pada wajah, hidung tersumbat, batuk, pilek, sakit kepala, hilangnya indra penciuman serta perasa, termasuk napas berbau logam.

Sinusitis sering kali disebabkan oleh infeksi, baik infeksi virus maupun bakteri. Akan tetapi, reaksi alergi dan paparan iritan seperti asap rokok, debu, dan polusi, juga bisa menyebabkan kekambuhan.

Jika tidak ditangani dengan benar, ada berbagai bahaya sinusitis yang dapat terjadi akibat komplikasi, seperti:

  • Sinusitis kronis

Sinusitis kronis tidak dapat disembuhkan dalam waktu beberapa minggu atau hari. Sinusitis kronis bisa berlangsung selama lebih dari 3 bulan dan lebih sering terjadi pada kasus sinusitis yang tidak diobati sejak awal.

  • Infeksi otak

Kuman yang berkembang biak di rongga sinus, lama kelamaan bisa menyebar ke organ lain, salah satunya otak. Bahaya sinusitis ini sering kali menimbulkan berbagai penyakit seperti meningitis dan abses otak. Penyakit tersebut dapat memunculkan gejala berupa demam tinggi, sakit kepala berat, leher kaku, sulit berjalan, kejang, mual dan muntah, hingga lemas atau penurunan kesadaran.

  • Infeksi rongga mata

Orang yang mengalami sinusitis ini dapat menderita gejala seperti mata bengkak, gangguan penglihatan, sulit menggerakkan bola mata, mata merah, dan demam. Jika tidak segera diobati, selulitis orbita bisa menyebabkan kerusakan mata berat dan kebutaan permanen. Biasanya, dokter akan memberikan suntikan antibiotik melalui infus dan operasi.




Intip Perjalanan Karier Maudy Ayunda

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment