Politeknik Keuangan Negara STAN, salah satu Sekolah Kedinasan yang paling diminati/Net
Politeknik Keuangan Negara STAN, salah satu Sekolah Kedinasan yang paling diminati/Net
KOMENTAR

SEKOLAH Kedinasan menjadi salah satu pilihan favorit untuk para siswa menempuh pendidikan di jenjang berikutnya. Bukan tanpa sebab, karena rata-rata peserta yang lolos langsung menjalani ikatan dinas. Berarti, setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, siswa bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Perlu kalian ketahui, pendaftaran sekolah ikatan dinas di Indonesia dilakukan dalam satu portal, yakni milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sekolah Tinggi Kedinasan sendiri merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan.

Setiap tahunnya, proses penerimaan untuk sekolah tinggi Kedinasan dimulai di waktu yang berbeda-beda. Biasanya, proses seleksi dimulai pada sekitar April dan selesai di Agustus atau September.

Buat kalian yang memang berminat masuk Sekolah Kedinasan, ini 8 sekolah yang bisa kalian pilih:

1. STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan sekolah ikatan dinas di Indonesia yang pertama. Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan. Peserta didik dipersiapkan untuk bisa ditempatkan di berbagai instansi pemerintah yang tengah membutuhkan aparatur pengelola keuangan negara.

2. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi

Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kemenkumham, lulusannya bakal diterima jadi CPNS. Yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi.

3. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

PTK yang satu ini masih di bawah naungan Kementerian Pertahanan bagian sub badan intelijen negara. SSN sendiri memiliki jenjang studi untuk program Diploma IV. Di PTK ini, kalian dibebaskan dari biaya pendidikan dan mendapatkan asrama selama masa studi.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah ini bakal memberi kalian ilmu mengenai statistik dan matematika. Selain itu, kuliah di jurusan ini juga bisa memuat kalian berkesempatan untuk menjadi CPNS. Program studi di kampus ini hanya ada dua, yaitu statistik dan komputasi statistik.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan salah satu kampus kedinasan yang paling dibutuhkan di negeri ini. Di kampus ini terdapat jurusan agen dan analis intelijen.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG)

Nah, buat kalian yang suka banget sama hal-hal berbau meteorologi dan geofisika, perguruan tinggi ini bisa jadi pilihan. Kampus ini merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan BMKG. Kalian juga bisa menjadi CPNS ketika lulus nanti.

7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Perguruan tinggi kedinasan ini terletak di Kota Bandung. Lulusan dari kampus ini diterima di institusi pemerintah dan menjadi CPNS. Beberapa program studi yang ada di prodi ini adalah Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintahan.

8. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan

Kampus ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, antara lain:

  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
  • Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang
  • Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali
  • Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Banten, Malahayati Aceh, Barombong
  • Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Makassar, Medan, Surabaya, Jayapura.

Nah, menarik bukan? Kalau kamu berniat, mulai sekarang coba cari-cari info terkait waktu pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi. Semoga berhasil!




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News