Ilustrasi permainan ludo/Net
Ilustrasi permainan ludo/Net
KOMENTAR

LUDO merupakan permainan populer yang sampai hari ini masih dimainkan jutaan orang di bumi. Siapa sangka permainan yang dulu hanya bisa dimainkan di atas kertas dan kini bisa dimainkan di berbagai aplikasi, berasal dari masa lampau. 

Dikutip dari laman publikasi Universitas Pendidikan Indonesia, ludo berasal dari kata Latin ludus yang artinya permainan. Permainan ini biasanya dimainkan dua sampai empat orang. Ludo pertama kali tercatat dimainkan oleh orang India, dengan nama Pachisi sejak 500 tahun sebelum masehi.

Tetapi, ludo yang muncul sekitar tahun 1896 telah dipatenkan di Inggris. Bukti paling awal tentang asal usul Ludo bisa dilacak dari sekitar abad ke-6 masehi. Terdapat ilustrasi pada dinding di Gua Ellora di Maharashtra, India, yang menggambarkan permainan ini. Gua Ellora adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu kuil batu terbesar di dunia.

Kisah permainan ludo pun ditemukan dalam kisah Mahabarata. Ludo merupakan permainan yang dipilih antara Pandawa dan Kurawa saat memperebutkan Drupadi. Dalam permainan itu, dikisahkan antara Pandawa dan Kurawa saling mempertaruhkan harta. Di menit akhir, setelah Pandawa banyak mengamai kekalahan, Yudhistira mempertaruhkan Drupadi. Kekalahan dan penghinaan itulah yang melatari terjadinya perang besar atau Mahabarata.

Dalam sejarah yang lainjuga dikisahkan ludo biasa dimainkan di Kesultanan Mughal. Salah satu rajanya, Sultan Akbar, terbiasa bermain Ludo. Sultan Akbar bermain menggunakan haremnya sebagai pion. Istananya di Agra dan Fatehpur Sikri memiliki aula yang lantainya dibuat menyerupai papan permainan Ludo.

Ketika masa kolonialisasi, Inggris membawa banyak hal dari india. Ludo disebut sebagai salah satunya. Ludo tiba di Inggris pada akhir abad ke-19.

Pada 1891, seorang Ingris bernama Alfred Collier memodifikasi permainan ini dengan menambahkan cangkir pengocok dadu. Ia kemudian mematenkannya dan menamakannya sebagai The Royal Ludo. Sejak saat itu, permainan ini menjadi terkenal di seluruh dunia.




Naik Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi, Tunggu Apalagi?

Sebelumnya

Hadirkan Akses Monitoring dan Pengelolaan Dana Real Time, M-Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon