Gowes bersama sebelum kick off Indonesia Ketua ASEAN 2023/ ANTARA
Gowes bersama sebelum kick off Indonesia Ketua ASEAN 2023/ ANTARA
KOMENTAR

KICK Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 resmi dimulai dalam acara meriah yang digelar di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu (29/1/2023).

Acara tersebut dihadiri para pejabat negara juga para duta besar negara sahabat.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia telah memiliki pengalaman menjalankan Presidensi G20 pada tahun 2022 dengan hasil yang baik.

Namun menurutnya, menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi global yang sedang bergejolak secara geopolitik dan ekonomi bukan hal yang mudah dilakukan. Saat ini, tak hanya krisis ekonomi yang melanda masyarakat dunia tapi juga krisis pangan, perang, dan berbagai hal terjadi.

Meski demikian, Presiden Jokowi yakin bahwa ASEAN masih berperan penting dan relevan bagi masyarakat di kawasan Asia Tenggara. ASEAN juga menurut Presiden, akan mampu berkontribusi bagi kawasan Indo Pasifik dan menjaga pertumbuhan ekonomi bangsa-bangsa Asia Tenggara.

"ASEAN terus berkontribusi untuk perdamaian dan stabilitas IndoPasifik. ASEAN akan terus menjaga pertumbuhan ekonomi, dan ASEAN matters epicentrum of growth," tegas Presiden Jokowi tentang peran penting ASEAN.

Presiden Jokowi telah menerima palu tanda penyerahan keketuaan ASEAN dari Kamboja pada KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 di Phnom Penh, Kamboja, pada 14 November 2022.

Saat ini, Indonesia telah resmi memulai tanggung jawab sebagai Ketua ASEAN 2023.

Menghadiri kick off Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Presiden Jokowi tiba di Bundaran HI dengan gowes bersama alias mengendarai sepeda. Presiden didampingi sejumlah menteri antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sampai di Jalan MH Thamrin, Presiden Jokowi dan para menteri melanjutkan dengan berjalan kakai. Presiden menyapa para duta besar yang hadir di sana menyambutnya.




Menkes Budi: Deteksi Dini Kanker Bisa Dilakukan di Puskesmas

Sebelumnya

Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Melahirkan, RS Marzoeki Mahdi & King’s College London Hospital Tanda Tangani Kerja Sama

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News