Ilustrasi <i>ngobrol</i> dengan anak/Net
Ilustrasi ngobrol dengan anak/Net
KOMENTAR

AYAH Bunda, tahu tidak? Hanya dengan mengajak ngobrol anak, bisa membuatnya sukses di kemudian hari. Ya, sesederhana dan se-simpel itu, Ayah Bunda bisa menerapkan pola asuh seperti ini di rumah, untuk membuat Buah Hati menjadi orang yang sukses.

Ketua Hikari Parenting School, yang juga Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Hifizah Nur, SPsi, MEd mengatakan, kesuksesan anak memang sangat tergantung dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tuanya di rumah. Pola asuh itu bermanfaat bagi perkembangan otak anak, dan efek ini dimulai sejak usia dini.

Jadi semakin banyak orang tua berbicara dengan bayi mereka, sang anak akan mengenali suara dan kata-kata dari orang tuanya dan otaknya akan berkembang pesat.

Penelitian mengatakan, menggunakan “bahasa mekanistik”, menawarkan penjelasan mendetail untuk pertanyaan anak, saat berbicara dengannya, dapat membantu membangkitkan rasa ingin tahu anak dan mempersiapkannya lebih baik untuk sekolah.

Selain itu, hal yang membuat pola asuh orang tua dikatakan sukses adalah dengan mengajak anak makan malam bersama keluarga. Hal ini dilakukan lebih dari sekadar memperkuat ikatan seluruh anggota keluarga, karena remaja yang lebih sering makan malam bersama keluarga, cenderung tidak mendapat nilai rendah di sekolah. Makan malam keluarga adalah cara ampuh untuk meningkatkan kosakata anak.

Membiasakan anak melakukan pekerjaan rumah juga termasuk pola asuh yang sukses, lho. Penelitian membuktikan bahwa ketika anak mulai melakukan pekerjaan rumah sejak dini, mereka belajar keterampilan hidup yang penting, seperti tanggung jawab dan kemandirian, serta pentingnya berkontribusi untuk kenyamanan bersama, dalam hal ini kebersihan rumah.

Nah Ayah Bunda, Bagaimana? Sudah seringkah Ayah Bunda mengobrol dengan anak-anak? Yuk, luangkan waktu untuk mereka, agar tumbuh kembang Buah Hati baik dan mereka merasa dicintai.




Pemalu atau Social Anxiety? Yuk Kenali Tanda-Tandanya, Bunda!

Sebelumnya

Anak Slow Response Saat Diperintah, Ayah Bunda ‘Berkaca’ Dulu Sebelum Marah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting