Aksi susur sungai Ciliwung oleh Pertamina Hulu Rokan/Dok PHR
Aksi susur sungai Ciliwung oleh Pertamina Hulu Rokan/Dok PHR
KOMENTAR

SUNGAI bisa menjadi tempat wisata yang indah dinikmati dan dapat bermanfaat bagi masyakarat. Karenanya, Pertamina Hulu Rokan (PHR) sangat berupaya menjaga keindahan lingkungan sungai dan sekitarnya.

Agar terus memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, peningkatan produksi migas dan kelestarian lingkungan dilaukan, salah satunya melalui Aksi Susur Sungai dan Gerakan Bersih Sungai Ciliwung, Sabtu (21/1).

Sampah anorganik seperti plastik, Styrofoam, dan tekstil, yang terkumpul dari kegiatan ini ditimbang untuk dapat didaur ulang. Kegiatan ini melibatkan penggiat lingkungan yang memiliki kemampuan dalam mendaur ulang sampah plastik dan tekstil.

“Aksi ini sekaligus memperkuat kolaborasi PHR dan DitJen PPKL KLHK untuk bersama-sama peduli akan ekosistem lingkungan sungai, perlindungan, dan pengelolaan mutu air,” kata Direktur Utama PHR Jaffee A Suardin, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Farah.id.

Selain itu, ada pula agenda sensus sampah yang dapat mengidentifikasi sampah untuk dapat diketahui jenis dan volumenya. Dengan begitu, kegiatan sensus sampah ini dapat memetakan sumber-sumber pencemaran dominan yang berdampak pada kelestarian sungai.

“Dilaksanakannya kegiatan ini juga untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sadar dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian sungai. Sungai bukanlah tempat membuang sampah,” tegas Jaffee.

Selain itu, PHR juga tengah membangun fasilitas wetland di area operasi WK Rokan dalam mengelola air terproduksi berbasis Natural Based Solution (NBS), sebelum dialirkan ke badan air. Fasilitas ini merupakan wetland berbasis NBS pertama dalam industri migas di Asia Tenggara.

Kegiatan lain, PHR tengah mengembangkan fasilitas Ecoriparian dan pengembangan Taman Keanekaragaman Hayati (KEHATI) di Universitas Lancang Kuning (UNILAK), dan merupakan fasilitas ecoriparian pertama dan terdepan untuk melestarikan ekosistem hutan rawa Sumatera yang berada di tengah kota Provinsi Riau.




Bocah Rendah Hati dan Kaya Prestasi Ini Menolak Banyak Hadiah

Sebelumnya

Hore, Gramedia Hadirkan Promo Serba 53 Ribu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E