Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DI usia anak yang menginjak 6 sampai 7 tahun, biasanya gigi susu sudah mulai tanggal. Orangtua dulu mengatakan, jika gigi susu anak sudah mulai copot, artinya sudah tumbuh besar.

Saat gigi susu mulai goyang, biasanya anak suka gatal untuk memainkannya. Selain merasa tidak nyaman, gigi susu yang goyang seringkali membuat anak sulit makan.

Tidak sedikit anak yang kemudian memainkan gigi yang sedang goyang itu, pakai lidah atau menggunakan tangan untuk menggoyangkannya. Atau orangtua gregetan, langsung ingin mencabutnya. Alat yang paling sering dipakai untuk mencabutnya adalah benang.

Stop, jangan lagi berbuat demikian, karena itu akan membuat anak sakit bahkan bisa terjadi perdarahan. Mengutip Greater Houston Pediatric Dentistry, ini yang sebaiknya dilakukan saat gigi susu anak mulai goyang:

Melonggarkan gigi susu

Cara paling baik saat mendapati gigi anak mulai goyang adalah melonggarkannya. Bagaimana? Ajarkan anak untuk memainkan giginya yang lagi ‘kendor’ dengan lidah. Cara ini cukup aman, karena anak akan tahu kapan harus berhenti ketika ia merasakan sakit.

Selain menggunakan lidah, ujung jari yang bersih juga bisa dipakai untuk menggoyangkan gigi. Ingatkan utnuk tidak menarik atau mendorongnya dengan terlalu keras. Cukup pelan-pelan saja.

Gunakan makanan keras

Saat Bunda mulai mendapati gigi susu anak goyang, tidak perlu melulu memberikannya makanan bertekstur lembut. Minta anak untuk menggigit makanan keras, seperti wortel atau apel. Makanan bertekstur keras ini bisa membuat gigi susu goyang dengan cepat tanpa rasa sakit. Tapi kalau si kecil merasa ngilu, jangan dipaksa untuk menggigit makanan keras.

Ajarkan menyikat gigi dengan lembut

Proses menyikat gigi saat gigi susu mulai goyang, sangatlah penting. Ajarkan anak untuk menyikat gigi secara perlahan, karena biasanya akan terasa sakit jika menyikat bagian gigi yang goyang. Menyikat gigi juga bisa menjadi cara agar gigi yang mau tanggal cepat longgar.

Memang, gigi yang tanggal akan membuat rasa tidak nyaman. Jika anak mengalami nyeri yang tidak tertahankan, berkonsultasilah ke dokter dan minta obat Pereda nyeri. Jika diperlukan, biasanya dokter mengambil tindakan mencabut gigi susu, tergantung kondisinya.

Saat gigi susu terlepas, tidak ada salahnya jika Bunda memberikan penghargaan atas usaha si kecil. Selanjutnya, minta ia untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dengan rajin membersihkannya.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting