Cobalah keluar dari zona nyamanmu dan kembali bangun jejaring profesional untuk karir yang lebih baik lagi/Net
Cobalah keluar dari zona nyamanmu dan kembali bangun jejaring profesional untuk karir yang lebih baik lagi/Net
KOMENTAR

TAHUN baru 2023 tinggal menghitung hari, tentunya kamu tidak ingin tahun depan stag pada pekerjaan yang itu-itu saja. Ada keinginan, terutama dalam karir, supaya bisa lebih baik lagi. Misalnya, naik jabatan.

Memiliki tujuan membantu kamu mengetahui ke mana arah yang ingin diambil. Yang pertama perlu kamu lakukan adalah memastikan tujuan yang dipilih itu adalah tujuan yang cerdas. Yaitu, harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu.

Pecah tujuan menjadi hal-hal kecil yang dapat dicapai, sehingga lebih mudah untuk mengambil Langkah pencapaiannya. Mulailah dari hal yang terendah, sehingga perlahan tapi pasti tujuan karir mu akan tercapai.

Selanjutnya, tambahkan keterampilan atau keahlianmu. Pastikan CV mu terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Miliki daftar apa yang ingin kamu capai. Berdayakan diri dengan keterampilan yang memang kamu butuhkan.

Contohnya mengikuti kursus online singkat untuk membantu membangun kompetensi dan membedakanmu dari sebelumnya. Buat diagram atas semua pencapaian, agar terlihat kemajuannya dan membuatmu lebih bersemangat.

Bangun pula kepercayaan diri. Tanyakan pada diri sendiri, sudahkah kamu berbicara dalam rapat kantor tahun ini? Apakah kamu tahu cara menjual nilaimu di ruang wawancara? Apakah kamu memiliki kemampuan berbicara ketika sedang menegosiasikan tawaran pekerjaan? Atau, apakah kamu takut acara networking, karena harus berinteraksi dengan orang lain?

Semua pertanyaan itu penting untuk membuka pintu dan membantumu membangun kepercayaan diri. Ikuti kelas berbicara di depan umum guna membangun kepercayaan diri itu dan meningkatkan keterampilan prestasimu.

Bangun kembali jaringan profesional, siapa yang kamu kenal yang bisa melakukan banyak hal untuk kemajuan karir. Bisa jadi, dari jejaring itu kamu mendapat rujukan pekerjaan, keterampilan baru, bahkan peluang lainnya.

Keluarlah dari zona nyaman, jalin kembali komunikasi dengan orang-orang yang dapat menguntungkanmu. Ikuti acara jejaring, dapatkan mentor, bergabunglah dengan asosiasi, grup media sosial yang aktif, dan lainnya.

Kemajuan karir adalah tanggung jawabmu. Oleh karena itu, tidak menyerah pada diri sendiri adalah hal yang penting. Berjuanglah untuk yang terbaik, pertimbangkan untuk bersikap proatif, mencari peluang, dan berani mengambil risiko. Kamu hanya tahu apakah itu berhasil, setelah mencobanya.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family