Bermain video game menjadi salah satu bagian mempersonalisasi kesehatan mental mu/Net
Bermain video game menjadi salah satu bagian mempersonalisasi kesehatan mental mu/Net
KOMENTAR

SETIAP hari selalu sarat dengan ketidakpastian. Bagi orang yang pandai mengelola kesehatan mentalnya, menjadi tidak masalah dan biasa-biasa saja menghadapi ketidakpastian tersebut.

Belajar memprioritaskan dan mengelola kesejahteraan mental adalah yang terpenting saat ini, dan hal itu membutuhkan kesabaran. Ada banyak rekomendasi yang bisa diikuti untuk hal tersebut, beberapa di antaranya adalah:

Pastikan memiliki tempat perawatan kesehatan mental

Ada banyak pertolongan kesehatan mental yang bisa kamu jadikan pegangan saat diperlukan, mulai dari yang mahal hingga murah. Salah satunya adalah terapi TikTok (yang dikurasi) untuk mempelajari beberapa keterampilan sederhana, seperti terapis Courtney Tracy (@the.truth.doctor) yang menjelaskan berbagai jenis kesehatan.

Atau bisa juga pergi ke tempat kerja, sekolah, atau rumah ibadah yang memiliki sesi konselor gratis. Bisa juga lewat layanan hotline, yang mulai banyak menyediakan layanan tanpa bayaran. Manfaatkan pula aplikasi smartphone gratis tentang kesehatan mental.

Jika memiliki asuransi, dapat memulainya dengan yang direkomendasikan atau disediakan perusahaan asuransi secara gratis.

Personalisasi perawatan kesehatan mental

Apa yang kamu inginkan terkait perawatan kesehatan mental? Apakah kamu hanya perlu istirahat dan menghilangkan stres? Seperti apa istirahat dan stres bagimu? Lalu, apakah kamu perlu melakukan meditasi dan melantunkan mantra? Apakah rebahan, membaca, berkebun, main video game, atau traveling bisa menghilangkan stres?

Begitu pula saat mencari terapis, yang seperti apa yang paling bisa memahami tantangan kamu?

Intinua, temukan kombinasi yang bisa membuat kamu segar kembali. Sebab tugas terapis adalah membantu kamu mencapai kesejahteraan mental.

Akui perasaan dan emosi yang kita alami

Tidak apa-apa untuk tidak baik-baik saja. Berbagi cerita kita sendiri, bahkan jika itu hanya untuk lingkaran kecil, orang yang kita cintai. Itu akan mendorong empati dan membantu kita untuk tidak merasa sendirian.

The American Psychological Assn mendorong orangtua untuk mengakui perasaan dan emosi mereka sendiri, untuk menunjukkan bahwa mereka juga manusia. Berikan semangat pada diri sendiri, saat berjuang.

Pelajari cara me-relakskan tubuh

Psikolog dan pendiri perusahaan kesehatan mental AnaVault Marlene Valter menyarankan untuk membiasakan diri mengambil 5-10 detik untuk memindai tubuh dari ketegangan. Di sini kita bisa melakukannya sepanjang hari, 50 kali sehari.

Jika apapun yang kita lakukan tidak berhasil, cobalah menilai ulang situasi, keputusan, dan tujuan yang dapat memberi kita kebahagiaan. Mulailah untuk penyelidikan baru pada diri sendiri, agar tidak terjebak dalam tempat dan orang yang salah.




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family