Ilustrasi minum air es/Farah.id
Ilustrasi minum air es/Farah.id
KOMENTAR

SELAMA ini, mitos berkembang di masyarakat bahwa minum air es saat menstruasi akan menyebabkan pembekuan darah hingga menumbuhkan kista. Mitos ini tentu saja membuat perempuan takut dan tidak sedikit yang mempercayainya.

Faktanya, minum air es saat menstruasi tidak menyebabkan pembekuan darah, gangguan siklus menstruasi, bahkan menumbuhkan kista. Sebab, siklus menstruasi diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesterone di dalam tubuh.

Jadi, diperbolehkan saat menstruasi minum air es, karena minum segelas air dingin dapat menyegarkan, apalagi ketika di masa menstruasi. Tubuh manusia bisa mengatur suhu internal, sehingga minum air es tidak dengan mudah mengubah suhu tubuh.

Ketika kamu minum air es, maka suhu minuman akan berubah seiring masuknya minuman ke dalam lambung. Organ lambung akan menyesuaikan suhu makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Proses ini menyebabkan air dingin yang diminum tidak memengaruhi pembekuan darah atau memicu tumbuhnya, karena suhunya sudah disesuaikan ketika masuk ke dalam lambung.

Justru, minuman-minuman di bawah ini yang sebaiknya dihindari saat menstruasi, karena bisa menyebabkan nyeri haid hebat, anemia, hingga defisiensi zat besi.

  • Alkohol. Minum alkohol secara berlebihan dapat memengaruhi jadwal menstruasi, juga menyebabkan nyeri haid hebat.
  • Kopi. Mengandung kafein dengan kadar yang cukup tinggi, sehingga dapat melemahkan katup sfingter, yaitu otot berbentuk cincin yang mencegah isi lambung berupa makanan, minuman, maupun asam lambung naik. Bisa juga menyebabkan keluhan dada panas, peningkatan asam lambung, dan memperparah nyeri haid.
  • Teh. Zat tannin dalam teh dapat menghambat proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Konsumsi teh berlebihan, bisa membuat produksi sel darah merah terganggu. Akibatnya, anemia defisiensi besi.
  • Soda. Sebaiknya batasi mengonsumsi soda, karena mengandung kefein dan gula tinggi yang bisa memperparah gejala haid.

Nah, berdasarkan fakta-fakta di atas, minum air es saat haid tidak memengaruhi siklus menstruasi, menyebabkan pembekuan darah, bahkan menimbulkan kista. Minum air es sangat menyegarkan tubuh.

Justru, ada baiknya untuk mengurangi minuman-minuman seperti soda, teh, kopi, dan alkohol. Sebab, keempat minuman tersebut dapat menyebabkan nyeri haid hebat, anemia, hingga defisiensi zat besi.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health