Ilustrasi hijab/ @zaskiasungkarjakarta
Ilustrasi hijab/ @zaskiasungkarjakarta
KOMENTAR

KERUDUNG merupakan bagian busana yang sangat penting bagi seorang muslimah. Proses pembuatan kerudung terbilang cukup mudah dan simpel. Untuk membuat kerudung kita hanya memotong bahan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu kita hanya menjahit atau membuat finishing pada keempat tepi kainnya.

Berikut ini adalah beberapa teknik finishing pada kerudung.

1# Jahit kelim atau baby seam

Jahit kelim adalah jenis jahitan yang dilakukan untuk merapikan tepi kain (jahit tepi). Proses pembuatan jilbab umumnya menggunakan kelim bulat dengan sepatu rolled hem foot yang akan menghasilkan jahitan kelim yang lebih kecil dan rapi.

Bahan kerudung yang dapat dilakukan finishing dengan jahit kelin adalah katun paris, rayon paris, voal, wolfis ataupun corn skin.

2# Wolsum atau Neci

Wolsum disebut juga neci merupakan teknik menjahit pinggiran kerudung mirip dengan teknik obras, agar serat kain tetap rapi dan tidak rusak. Proses wolsum ini dilakukan dengan menggunakan mesin dan benang klasik.

Beberapa bahan yang dapat di-finishing  dengan menggunakan teknik neci atau wolsum adalah bahan yang memiliki ketebalan sedang seperti wolfis, wollycrepe, velvet dan maxmara.

3# Double line

Double line atau double lipit merupakan teknik finishing jilbab yang digunakan untuk memperhalus teknik jahitan tepi kain. Teknik jahitan ini sama dengan jahit tepi atau kelim, namun dilakukan dengan teknik double line sejajar, sehingga kerudung lebih rapi dan terlihat eksklusif.

4# Eyelashes

Teknik finishing berikutnya adalah eyelash atau zigzag. Teknik finishing ini menghasilkan pola yang unik yang akan menambah estetika jilbab.

5# Rawis

Teknik kerudung rawis adalah teknik dengan tepian tanpa jahitan dan terlihat seperti rumbai-rumbai sisir. Umumnya kerudung dengan teknik finishing rawis terbilang murah. Beberapa bahan kerudung yang dapat diaplikasikan teknik rawis antara lain:  katun ima, voal, katun paris dan rayon.

6# Laser Cutting

Teknik finishing dengan laser cutting merupakan teknik finishing dengan membentuk aksen potongan scallop pada bagian pinggir kerudung. Beberapa bahan yang dapat di-finishing dengan menggunakan laser cutting adalah voal polyester, polycotton dan katun.




Jadi Discover The Unseen Ikon Make Over, Isyana Sarasvati Pamerkan Lip Gloss Andalan

Sebelumnya

Makeup untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga