Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

RAMBUT merupakan salah satu mahkota perempuan yang selalu dirawat kesehatan dan kecantikannya. Tidak heran jika banyak perempuan yang melakukan berbagai macam cara untuk menjaga rambut agar terus sehat, rapih dan indah.

Salah satu alat yang paling sering digunakan oleh wanita untuk menata rambutnya adalah catokan. Tidak hanya digunakan untuk merapikan rambut, catokan juga berfungsi membentuk rambut sesuai keinginan, seperti untuk meluruskan dan mengeriting rambut.

Namun sayangnya, alat styling ini memiliki efek samping yang dapat merusak rambut dalam jangka panjang, jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Untuk itu, ada beberapa langkah yang perlu kita perhatikan agar tetap bisa menggunakan catokan tanpa merusak rambut.

1. Gunakan catokan dalam keadaan rambut telah kering

Biasanya, beberapa orang banyak menggunakan catokan dengan keadaan rambut yang belum kering sepenuhnya. Hal ini lambat laun dapat memperburuk kondisi rambutmu, lho.

Sebab, rambut yang basah kemudian dipanaskan akan membuat folikel rambut menjadi hangus dan mengakibatkan rambut menjadi rusak. Sebaiknya, keringkan rambut secara merata menggunakan hairdryer sebelum menggunakan catokan rambut.

2. Mengaplikasikan heat protector

Aplikasikan produk heat protector sebelum memakai catokan, untuk melindungi rambut dari panasnya catokan dan meminimalisir kerusakan yang terjadi pada rambut.

Gunakan produk heat protector, seperti krim atau spray, dengan merata ke seluruh permukaan rambut.

3. Atur suhu catokan

Suhu dari catokan sangat berperan penting terhadap rambutmu. Penggunaan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rambut menjadi cepat rusak dan kering.

Seimbangkan suhu catok yang tepat untuk digunakan, yaitu antara 120-150 derajat Celcius untuk rambut yang tipis. Sementara untuk rambut tebal dan panjang, gunakan suhu antara 180-200 derajat Celcius.

4. Gunakan serum rambut

Jika kamu sering menggunakan catokan rambut, sebaiknya seimbangkan dengan penggunaan serum dan vitamin rambut untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini dapat berguna untuk memberikan nutrisi sekaligus mengembalikan kelembapan pada rambut yang hilang akibat pemakaian catokan yang sering.

Nah, itulah cara menggunakan catokan rambut agar terhindar dari kerusakan. Selamat mencoba!




Step by Step Arabian Makeup yang Mudah untuk Diikuti

Sebelumnya

Kembali Jadi Tren, Ini Referensi 5 Padu Padan Rok Jeans untuk Tampilan Casual yang Feminin

Berikutnya

KOMENTAR ANDA