Viva Magenta, tren warna 2023 yang dikeluarkan oleh Pantone/Net
Viva Magenta, tren warna 2023 yang dikeluarkan oleh Pantone/Net
KOMENTAR

WARNA selalu hadir dalam setiap kehidupan manusia. Warna memiliki peran penting dan memberikan pengaruh terhadap kejiwaan serta suasana hati seseorang. Semua aktivitas tidak bisa terlepas dari warna-warna.

Setiap warna memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memberikan pengaruhnya. Misalnya warna merah, yang merupakan warna hangat, dapat memunculkan efek membangkitkan emosi, perasaan marah, dan permusuhan. Begitu pula warna lain yang masuk dalam kelompok warna hangat, yaitu kuning dan oranye.

Menyambut tahun baru yang tinggal hitungan hari, Pantone, sebuah perusahaan pewarnaan yang berlokasi di New Jersey, Amerika Serikat, menetapkan warna yang akan menjadi tren di 2023. Warn aitu adalah Viva Magenta.

Menurut Direktur Eksekutif Institut Warna Pantone Leatrice Eiseman, Viva Magenta dipilih karena melambangkan keberanian, tanpa mengenal takut, mendorong optimisme dan kegembiraan.

Artinya, di tengah isu resesi yang akan terjadi tahun depan, Viva Magenta bisa mendorong semangat manusia untuk lebih berani membuat inovasi-inovasi, sehingga semakin optimis dan bahagia.

Di industri fesyen, Viva Magenta sudah muncul beberapa kali di runway dunia, seperti Spring Summer 2023 atau Winter 2022. Beberapa brand besar seperti Gucci, Loewe, hingga Dior, memilih Magentaverse yang membuat Viva Magenta kian populer.

Seperti Veri Peri yang dinobatkan pada 2022, Viva Magenta masih berkorelasi dengan situasi kehidupan saat ini, di mana dunia masih berjuang hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19. Warna ini kemudian merepresentasikan kepastian, optimisme, dan harapan.

“Saat banyak hal yang memengaruhi cara pandang kita dan banyak perubahan terjadi dengan cepatnya dan berdampak pada kehidupan kita saat ini. Tidak diragukan lagi, Covid masih menjadi pengaruh yang kuat,” kaat Leatrice.

“Dengan semakin besarnya peran dunia virtual dalam kehidupan kita, kami tetap mengambil inspirasi dari alam dan apa yang nyata. Berakar dari purbakala, Viva Magenta menghubungkan kita dengan sesuatu yang sangat penting.

Dalam menyeleksi tren warna, Pantone memiliki tim khusus yang melakukan riset dan survey mendalam terhadap dinamika warna yang terjadi di bidang fesyen dan desain.

Hasil survey tersebut lalu diinterpretasikan dengan bantuan mesin intelejensia buatan bernama Midjourney, yang membaca algoritma tren di internet, sehingga menghasilkan sebuah ekosistem warna yang disebut Pantone Magentaverse.




Indonesian Fashion Modest & Lifestyle: “Romantic Rayya” Bungas X Mayesha by Ida Andriansyah Representasikan Kehangatan Suasana Idul Fitri

Sebelumnya

Indonesian Fashion Modest & Lifestyle: Tampilkan Magnifique of Universality 2023 dalam Rancangan Busana Syar'i

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion