post image
Terpilihnya Pateemoh diharapkan mampu mendamaikan konflik yang berkecamuk di Thailand/Net
KOMENTAR

THAILAND mencetak sejarah baru. Untuk pertama kalinya, Negara Gajah Putih ini menunjuk perempuan muslim untuk menjabat sebagai gubernur. Dia adalah Pateemoh Sadeeyamu.

Mengutip Bangkok Post, Pateemah ditunjuk sebagai Gubernur untuk Provinsi Pattani. Sebelumnya, perempuan 57 tahun itu menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Narathiwat.

Baik Provinsi Pattani dan Narathiwat didominasi warga muslim, begitu juga dengan Provinsi Yala. Masyarakat di tiga provinsi tersebut menganggap penunjukkan Pateemoh sebagai tanda positif bagi keamanan dan pembangunan di Kawasan selatan Thailand, yang selama ini selalu diwarnai konflik keagamaan.

“Ini adalah perkembangan besar. Menjadi seorang muslim dan seorang perempuan memiliki banyak tantangan dalam politik Thailand. Kita bisa melihat peningkatan perempuan muslim dalam politik,” kata Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian, dan Luar Negeri Universitas Prince of Songkla Pattani, Yasmin Sattar.

Pengangkatan Pateemoh sebagai gubernur dipandang mengarah para persepsi positif banyak muslim. Artinya, banyak harapan diberikan kepada Thailand untuk mengakhiri konflik antara pemerintah dengan kelompok pemberontak di wilayah selatan.

Fakta mengenai Pateemoh Sadeeyamu

Pateemoh adalah penduduk asli distrik Muang di Yala. Ia sudah bekerja di Kementerian Dalam Negeri selama 29 tahun. Berikut fakta mengenai Gubernur baru tersebut.

  • Pateemoh telah melayani Provinsi Selatan Ranong, Yala, dan Pattani.
  • Sebelumnya, Pateemoh adalah direktur kantor administrasi pusat dari Pusat Administrasi Provinsi Perbatasan Selatan.
  • Pateemoh pernah menjadi Asisten Gubernur Provinsi Phatthalung dan Wakil Gubernur Narathiwat, sebelum dipromosikan menjadi Gubernur Pattani.
  • Menurut warga provinsi perbatasan selatan, kinerja dan masa lalu Pateemoh sangat mengesankan.
  • Sama-ae Sa-a, manton tokoh kunci Organisasi Pembebasan Bersatu (Pulo) Pattani, mengaku senang dengan terpilihnya Pateemoh. Menurutnya, perempuan tersebut adalah sosok yang baik hati dan sangat terampil.
  • Pengangkatannya disambut baik banyak orang, termasuk We Peace, jaringan perempuan yang didedikasikan untuk pemulihan perdamaian di ujung selatan Thailand.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya senang. Saya berbagi kegembiraan semua orang. Terimakasih telah mengirimkan kami gubernur perempuan muslim ini,” kata sukarelawan kesehatan Pattani, Ropee-ah Doloh.




Bukan Perempuan 'Biasa', Inilah Sosok Erina Gudono Sang Calon Mantu Presiden Jokowi

Sebelumnya

Membanggakan, Perempuan Muslim Berdarah Palestina Ini Jadi yang Pertama Duduki Kursi Parlemen Georgia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women