Minyak canola yang dicampur pada MPASI disebut mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak anak/NET
Minyak canola yang dicampur pada MPASI disebut mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak anak/NET
KOMENTAR

SAAT bayi sudah boleh diberikan makanan pendamping air susu ibu (MPASI), pastinya Bunda akan melakukan berbagai eksperimen untuk mendapatkan MPASI yang baik bagi anak.

MPASI 4 bintang merupakan menu pendamping ASI dengan empat unsur gizi, yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan lemak tambahan.

Karbohidrat dapat diperoleh dari beras putih, beras merah, jagung, serta umbi-umbian. Sedangkan protein hewani dapat diperoleh dari daging sapi, daging ayam, ikan atau telur.

Peotein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti halnya tahu, tempe, kacang polong, dan kacang merah. Sumber bahan makanan sayuran seperti wortel, brokoli, labu, dan lain sebagainya.

Sementara, lemak tambahan bisa diperoleh dari evoo (ektrak minyak zaitun), minyak canola, butter, keju, dan lainnya.

Salah satu campuran terbaik bagi MPASI untuk anak adalah minyak canola. Minyak ini secara khusus direkomendasikan oleh The Research Institute for Child Nutrition, karena kandungan omega-3 nya sepuluh kali lebih banyak daripada minyak zaitun.

Omega-3 ini sangat penting untuk perkembangan optimal sel-sel otak dan saraf. Apalagi di dua tahun pertama kehidupan bayi, otak tumbuh sangat cepat, sehingga asupan asam lemak omega-3 yang teratur menjadi sangat penting.

Lemak sehat dalam minyak canola juga membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E, dan K, yang bisa larut dalam lemak. Tentu saja, keempat vitamin ini sangat dibutuhkan bayi untuk kesehatan mata, tulang, kulit, dan pembekuan darah.

Minyak canola juga dapat meningkatkan kekebalan pada bayi. Strukturnya yang cukup ringan, tidak akan memengaruhi rasa makanan bayi. Karenanya, selain bisa dipakai untuk menggoreng, minyak canola juga bisa langsung ditambahkan ke makanan si kecil.

Bunda cukup menggunakan satu jenis lemak tambahan saja. Di mana lemak tambahan dapat digunakan sebagai penumis dan juga bisa diteteskan pada makanan yang sudah siap santap (sebagai dressing).

Jadi, kalau sudah menggunakan minyak canola sebagai penumis, maka Bunda tidak perlu memasukkan evoo atau butter sebagai dressing makanan bayi.




Susu Kedelai, Benarkah Baik untuk Kesehatan Jika Diminum Secara Rutin?

Sebelumnya

Tips Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Jemaah Haji Wajib Tahu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health