Ilustrasi perempuan bekerja/Net
Ilustrasi perempuan bekerja/Net
KOMENTAR

SIAPAPUN yang bekerja pasti ingin karirnya melesat sempurna. Tidak hanya dengan memperluas jejaring atau networking, mengikuti pelatihan dan seminar, pola piker juga memainkan peran penting dalam meningkatkan prestasi kerja.

“Pola pikir memengaruhi cara seseorang menangani situasi atau memilah apa yang harus dilakukan. Itulah mengapa pola pikir sangat berpengaruh terhadap perkembangan karier,” kata Dr Gary Klein, ilmuwan dan terapis berbasis di Amerika Serikat.

Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari jika pola pikir bisa memengaruhi karir. Contoh mudahnya, jika kamu sudah berupaya melakukan berbagai cara, tapi karir tetap stagnan, berarti ada yang salah dengan cara berpikirmu.

1. Berpikir Negatif

Selalu berpikir negatif, kondisi ini bia membuat kamu sulit untuk melihat hal-hal baik di sekitar. Akhirnya, karir kamu terhambat karena hanya fokus pada hal-hal buruk tanpa berusaha mengambil peluang untuk mengembangkan karir.

2. Cepat Merasa Puas

Cepat merasa puas juga akan menghambat karirmu. Orang yang cepat merasa puas cenderung tidak memiliki keinginan untuk mengembangkan growth mindset yang sangat penting bagi karir. Sebab, mereka sudah merasa cukup di posisinya saat ini.

3. Takut Mengambil Tantangan

Tentu saja, orang yang takut mengambil tantangan akan sulit maju ke arah yang lebih positif, karena berada di zona nyaman. Mereka menikmati betul karir yang sedang dijalani, sehingga enggan untuk berkembang.

Padahal, tantangan perlu di dalam karir untuk mengetahui sejauh mana potensi yang kamu miliki. Jika gagal, itu bisa menjadi pelajaran dan umpan balik agar karir bisa meningkat.

4. Selalu Merasa Benar

Eckhart Tolle, guru spiritual dan penulis buku asal Amerika, mengatakan, ketika seseorang merasa selalu benar, mereka cenderung sulit menerima masukan atau umpan balik dari orang lain. Mereka selalu merasa bahwa pendapat orang lain tidak berharga, sehingga terus melakukan hal-hal sesukanya. Pada akhirnya, pola pikir ini akan membuat orang lain sulit memberikan kepercayaan, termasuk dalam pekerjaan.

Jadi, ada baiknya mulai sekarang ubah pola pikir yang bisa menghambat karirmu, yaitu merasa paling benar, tidak suka tantangan, selalu berpikir negatif, dan merasa cepat puas.




6 Manfaat Olahraga Bareng Pasangan

Sebelumnya

Bukan Komunikasi, Ini Kunci Langgengnya Rumah Tangga

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family