Ayam betutu Bali masuk daftar 20 makanan pedas terbaik di dunia versi CNN/Net
Ayam betutu Bali masuk daftar 20 makanan pedas terbaik di dunia versi CNN/Net
KOMENTAR

UNTUK kesekian kalinya, rendang minang masuk dalam jajaran kuliner terbaik di dunia. Kali ini untuk versi kuliner pedas terbaik yang dibuat oleh CNN. Selain rendang, ayam betutu Bali pun disebut panganan pedas terbaik di dunia.

“Hidangan kari kering yang beraroma ini membutuhkan daun jeruk nipis, santan, bunga lawang, dan cabai merah, di antara rempah-rempah lainnya, untuk memberikan kompleksitasnya. Ini (rendang) sering disajikan kepada para tamu dan selama acara meriah,” tulis CNN dalam keterangannya.

Sedangkan ayam betutu, telah popular sebagai sajian ayam utuh yang diisi dan dibalut bumbu base genep, khas Bali. Seperti campuran cabai segar, lengkuas, kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan bahan lainnya. Kemudian, dibakar dengan daun hingga mengeluarkan aroma yang khas.

Rendang Minangkabau dan ayam betutu Bali disandingkan dengan 18 kuliner lain dari seluruh Indonesia, yaitu Sup Egusi (Nigeria), Hot Pot Shinchuan (China), som tam (Thailand), ayam piri-piri (Mozambik dan Angola).

Lalu ayam atau babi jerk (Jamaika), saya ayam kerbau (Amerika Serikat), udang aguachiles (Meksiko), dandoritang (Korea Selatan).

CNN merilis daftar 20 kuliber pedas terbaik di dunia pada 1 November 2022. Ada beberapa makanan pedas dari negara Thailand, Amerika Serikat, Nigeria, dan dua di antaranya adalah makanan pedas terbaik asal Indonesia.

Sementara itu, penulis makanan terkenal asal India Saurav Dutt mengatakan, zaman dulu (kelompok pemburu-pengumpul) secara historis memanfaatkan berbagai bahan liar untuk membumbui makanan mereka.

“Setiap bahan pedas berasal dari nenek moyang (asal rempah atau tanaman) yang liar. Oleh karena itu jahe, lobak, mustard, cabai, dan sebagainya, memiliki pendahulu yang menyebabkan domestikasi mereka,” jelas Dutt.

Beruntung sekali Indonesia kaya akan rempah-rempah. Kekayaan rempah-rempah Nusantara ini telah mendorong lahirnya kuliner dengan beragam rasa dan pilihan. Salah satunya adalah kuliner pedas yang membutuhkan banyak rembah dan rasanya yang luar biasa lezat.




Libur Idul Fitri Menikmati Sejarah, Tradisi, dan Keindahan Tiga Destinasi di Arab Saudi

Sebelumnya

BPJS Kesehatan Tanggung Pengobatan Penyakit Kronis, Ini Daftarnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon