Ragam model hijab/ FARAH
Ragam model hijab/ FARAH
KOMENTAR

TIMUR TENGAH merupakan sebuah wilayah yang terdiri dari negara-negara yang secara geografi terletak di wilayah pertemuan antara Asia, Afrika, dan Eropa. Sebagian besar negara negara Timur Tengah merupakan negara Islam.

Walaupun masih dalam satu wilayah, terdapat beberapa pandangan yang berbeda baik dalam segi tradisi, kebiasaan, maupun cara berpakaian. Hal ini menjadikan wilayah Timur Tengah sering terjadi konflik. Meski demikian, sikap toleransi yang besar di setiap negara membuat masyarakat Timur Tengah tetap bisa hidup berdampingan.

Timur Tengah merupakan salah satu wilayah yang kerap kali dijadikan acuan atau kiblat oleh para fesyen antusias salah satunya gaya berhijab. Berikut beberapa model atau bentuk hijab yang dikenakan oleh perempuan Timur Tengah.

  1. Niqab

Niqab memiliki arti penutup kepala atau muka (bagi perempuan). Niqab merupakan kain penutup bagian kepala perempuan yang hanya memperlihatkan kedua mata saja (penutup kepala yang dilengkapi dengan cadar). Biasanya niqab memiliki panjang hingga bokong. Niqab ini banyak digunakan oleh perempuan Arab Saudi.

  1. Chador

Chador adalah sebuah jubah atau selendang atau kain panjang dan lebar yang menutupi kepala hingga lutut. Pengguna chador biasanya juga menggunakan niqab kembali di dalamnya sehingga hanya terlihat bagian matanya saja. Chador ini banyak dikenakan oleh perempuan Iran.

  1. Khimar

Khimar merupakan kain yang hampir menutupi sebagian tubuh perempuan bagian atas yaitu kepala, leher, dada dan punggung. Saat ini khimar juga dibuat hingga pergelangan tangan dan bokong. Khimar banyak dikenakan perempuan Muslim di berbagai negara.

  1. Burqa

Burqa merupakan kain yang tidak hanya menutupi kepala saja, namun burqa merupakan kain penutup seluruh bagian tubuh dari kepala hingga kaki, termasuk mata. Namun seseorang yang menggunakan burqa ini tetap bisa melihat sekitar karena pada bagian mata menggunakan kain yang lebih tipis atau transparan (berjaring). Burqa ini biasanya dikenakan oleh perempuan Afghanistan.

  1. Pashmina (Kain Panjang)

Pashmina merupakan kain panjang yang digunakan untuk menutupi bagian kepala (rambut) dan leher saja. Pashmina biasanya digunakan dengan cara dililitkan baik di kepala maupun di leher. Pashmina ini sering dikenakan oleh pemuda Muslim di setiap negara terutama Arab.

  1. Square Hijab (Hijab Segi Empat)

Square hijab merupakan kain segi empat yang dapat dikenakan dengan berbagai macam gaya. Umumnya square hijab digunakan dengan cara dilipat terlebih dahulu menjadi segitiga, kemudian dipakai dengan diberi jarum di bagian bawah dagu untuk menutupi bagian leher. Hijab segi empat ini umum dikenakan perempuan Muslim di setiap negara. Turki merupakan salah satu negara yang perempuannya banyak menggunakan hijab segi empat bermotif.

  1. Turban

Turban merupakan kain penutup kepala yang digunakan hanya untuk menutupi bagian rambut saja (leher dan telinga masih dapat terlihat). Turban banyak dikenakan oleh perempuan Muslim, bahkan sudah populer di negara Algeria (Aljazair) di era 40-an.




Jadi Discover The Unseen Ikon Make Over, Isyana Sarasvati Pamerkan Lip Gloss Andalan

Sebelumnya

Makeup untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA