Perpustakaan anak di Bandung/ Dok. PUSTAKALANA
Perpustakaan anak di Bandung/ Dok. PUSTAKALANA
KOMENTAR

PUSTAKALANA Library adalah Perpustakaan Anak dan Ruang Terbuka yang resmi beroperasi sejak tanggal 1 Desember 2015.

Saat ini, Pustakalana bisa ditemui di Selaras Guest House and Restaurant Lt 2, Jl. Taman Cibeunying Selatan No. 45, Bandung

Awal Berdiri Pustakalana

Organisasi non-profit ini mulai dibentuk pada tahun 2005, dengan tujuan menjadi alternatif tempat bagi orangtua dan anak untuk meluangkan waktu bersama untuk mendukung proses tumbuh kembang anak dengan cara bermain, bertukar pikiran, dan membaca buku dengan akses yang mudah serta harga yang terjangkau.

Setelah beberapa kali berpindah tempat, pada bulan Desember 2015, Pustakalana bergabung di Bandung Creative City Forum (BCCF) yang berlokasi di Simpul Space #3 untuk mengelola perpustakaan bersama yang difokuskan untuk anak: Simpul Library-Pustakalana.

Peresmian Simpul Library –Pustakalana ini dilakukan oleh Ridwan Kamil yang saat itu menjabat Wali Kota Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian sosialisasi Bandung sebagai Kota Desain oleh UNESCO.

Kunjungan ke Perpustakaan

Saat ini Pustakalana memiliki 3.000 koleksi buku fiksi dan non fiksi untuk berbagai usia dalam berbagai bahasa termasuk Indonesia, Inggris, dan Mandarin.

Pustakalana terbuka untuk umum, dengan biaya kunjungan Rp20.000/ anak. Namun koleksi utama mereka adalah children’s picture books berbahasa Inggris dan Indonesia yang diperuntukkan bagi anak usia dini (usia 1-8 tahun).

Pengunjung dapat membaca sepuasnya dengan jam pelayanan Senin-Kamis pukul 09.30 - 15.30 WIB.

Untuk mengetahui  koleksi buku-buku yang ada di Pustakalana, pemustaka dapat mengakses Online Public Access Catalog (OPAC) Pustakalana di www.pustakalanalibrary.org.

Kegiatan Ruang Terbuka

Pustakalana memiliki 8 kegiatan rutin dan nonrutin, di antaranya Kinder Club, Parents Club (online), School Visit, Reading Corner, Books Club, dan Mother Goose Club.

Untuk mengetahui berbagai kegiatan yang diselenggarakan Pustakalana, kita bisa melihat akun Instagram @pustakalanalibrary.

Harapan Menjelang 7 Tahun Pustakalana Library

Di usianya yang memasuki ke-7 tahun, Pustakalana Library berharap bisa terus melanjutkan kegiatan dengan menjalankan visi dan misi sebagai perpustakaan komunitas yang mendukung literasi anak usia dini di Bandung serta dapat menginspirasi perpustakaan komunitas lainnya di seluruh Indonesia.




ParagonCorp Gelar Kelulusan Women’s Space Bersama 10 Perempuan Penggerak di Jakarta

Sebelumnya

Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E