post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KOPI hitam ternyata tidak hanya enak diminum, tapi juga punya banyak manfaat kesehatan, terutama bagi perempuan.

Berbagai kandungan yang terdapat di kopi hitam, seperti antioksidan yang tinggi, kafein, chlorogenic acid, hingga vitamin B3, memberikan manfaat yang berbeda-beda untuk kulit.

Cara paling cepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi adalah dengan membuat masker, scrub, atau pasta. Lalu, diaplikasikan ke area kulit yang membutuhkan perawatan.

Masker Kopi dan Penuaan Dini

Jika ada yang mengatakan, kopi bisa mempercepat penuaan dini, bisa jadi salah. Sebab, mengutip Healthline, mengaplikasikan masker kopi hitam pada kulit justru bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Noda hitam akibat paparan sinar matahari, kemerahan, dan garis halus, bisa hilang dengan masker kopi.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Dermatology (2014), ada korelasi antara meminum kopi dengan penurunan efek penuaan dini pada kulit. Alasannya, kandungan polyphenol yang tinggi pada kopi menjadi antioksidan yang bagus untuk pencegahan penuaan dini.

Masker Kopi dan Jerawat Meradang

Masih mengutip Healthline, kopi memiliki kandungan chlorogenic acid yang memiliki karakteristik antibakteri dan antiperadangan. Keduanya membantu mengobati jerawat meradang.

Tak hanya jerawat, kopi hitam juga efektif membantu mengurangi peradangan kulit seperti eksim atau psoriasis.

Kopi Hitam dan Kanker Kulit

Healthline dan PennMedicine dari University of Pennsylvania menulis, kopi hitam mampu mencegah kanker kulit nonmelanoma dan melawan kanker kulit seperti malignant melanoma dan basal cell carcinoma.

Ini berkat kandungan vitamin B3 (niacin), antioksidan, serta anti-peradangan yang tinggi dalam kopi.

Kopi Hitam dan Kulit Terbakar

Kulit yang terbakar sinar matahari, sangat menyakitkan. Untuk mengurangi rasa sakit itu, ambil kain lembut dan celupkan ke gelas kopi hitam yang sudah dingin. Kemudian, kompres kulit yang terbakar hingga rasa sakitnya berkurang.

Lagi-lagi ini berkat kandungan chlorogenic acid yang memiliki karakteristik anti-peradangan.

Masker Kopi dan Penyembuhan Luka

Kopi dipercaya mengandung linoleic acid yang mampu mempertahankan barrier air pada kulit. Asam tersebut jika dipadukan dengan kandungan lain yang memiliki antioksidan, mampu membantu penyembuhan luka pada kulit dan meredakan peradangan.

Nah, kalau kamu biasanya memanfaatkan kopi untuk apa?




Mengenal Teknik Heatless Curls yang Sedang Hits di Media Sosial

Sebelumnya

IN2MOTIONFEST 2022: Local Product, Global Look

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Fashion