post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MENDAPATKAN bentuk badan yang ideal, tentu menjadi idaman semua orang. Selain terlihat menarik, bentuk badan yang ideal juga menandakan seseorang memiliki tubuh yang sehat.

Selain olahraga, salah satu cara mendapatkan bentuk tubuh ideal adalah dengan diet. Namun melakukannya bukanlah perkara mudah. Bahkan tidak sedikit yang menyerah, karena terus menerus gagal.

Coba deh, diet berdasarkan golongan darah. Sesuai Namanya, diet golongan darah dapat dibuat dengan menyesuaikan pola makan berdasarkan masing-masing golongan darah.

Metode diet ini dikembangkan oleh seorang dokter neuropati bernama Peter D’Adamo pada 1996, melalui bukunya Eat Right 4 Your Type. D’Adamo percaya, golongan darah A, B, AB, dan O memiliki kemampuan berbeda dalam mencerna makanan, karena ada perbedaan sekresi pencernaan pada tiap golongan darah.

Prinsip Diet Golongan Darah

Untuk memulainya, kamu harus tahu dulu prinsip diet golongan darah, yaitu:

  • Jenis makanan tergantung oada golongan darah.
  • Rekomendasi rencana olahraga juga harus disesuaikan dengan masing-masing golongan darah.
  • Menekankan pada makanan utuh.
  • Meminimalkan asupan makanan olahan.
  • Tidak membutuhkan periode puasa.
  • Tidak minum berbarengan dengan makan, karena dapat mengencerkan enzim pencernaan dan sulit mencerna makanan.
  • Penggunaan suplemen sesuai tipe golongan darah.

Seberapa Efektif Diet Golongan Darah?

Diet golongan darah mengharuskan seseorang menghindari makanan tertentu. Prinsip ini ditolak beberapa ahli yang tidak setuju, sebab akan banyak makanan sehat yang terlewatkan.

Pendapat ahli ini menegaskan, bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi kesehatan tertentu yang perlu menjadi pertimbangan. Sehingga, tidak bisa serta merta menyamaratakan dengan aturan makan pada golongan darah tertentu.

Tapi, tidak ada salahnya melakukan diet ini jika dalam kondisi fit. Beberapa prinsip diet golongan darah tidak sepenuhnya buruk. Makan biji-bijian utuh tanpa diproses dan rekomendasi latihan fisik memang baik untuk menjaga kesehatan bagi semua golongan darah.

Sebelum berencana menjalankannya, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, terutama jika ada kondisi kesehatan tertentu.




Apa Hukuman bagi Pelaku KDRT di Indonesia?

Sebelumnya

Catat! Inilah 4 Jenis Tindakan KDRT Menurut Undang-Undang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family