Peti jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Holyroodhouse, Edinburgh (11/9/2022)/ AFP
Peti jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Holyroodhouse, Edinburgh (11/9/2022)/ AFP
KOMENTAR

KERAJAAN Inggris menetapkan tanggal 19 September menjadi hari libur nasional sehubungan dengan pemakaman Ratu Elizabeth II. Penetapan tersebut berlaku di Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia.

Raja Charles III dikabarkan telah menyetujui penetapan hari libur nasional tersebut yang diajukan oleh Dewan Penasihat Inggris (Privy Council).

Pemakaman Ratu Elizabeth II menjadi pemakaman pertama pemimpin monarki Inggris sejak tahun 1965.

Saat ini, jenazah Ratu Elizabeth II telah berada di Holyroodhouse di Edinburgh setelah kemarin dibawa dari Istana Balmoral. Peti jenazah kemudian dibawa ke Katedral St. Giles sampai hari Selasa.

Baru kemudian peti jenazah akan dipindahkan ke Istana Buckingham di London sebelum akhirnya disemayamkan di Westminster Hall mulai Rabu.

Hari libur tersebut diharapkan dapat memberi kesempatan kepada seluruh rakyat Inggris untuk memberi penghormatan terakhir kepada Sang Ratu yang telah memerintah monarki Inggris selama 70 tahun.

Tak hanya memberi penghormatan terakhir, hari libur nasional juga diharapkan menjadi momen untuk rakyat memperingati pemerintahan Sang Ratu sekaligus menandai hari terakhir masa berkabung nasional di Inggris.

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926 dengan nama Elizabeth Alexandra Mary. Ia adalah putri sulung Pangeran Albert (Duke of York).

Pada akhir tahun 1936, Raja Edward VIII yang merupakan paman Elizabeth, turun tahta untuk menikahi seorang perempuan Amerika berstatus janda cerai bernama Wallis Simpson.

Dengan peristiwa itu, maka Pangeran Albert menjadi Raja George VI dan Lilibet—begitu panggilan akrab Elizabeth menjadi pewaris tahta.

Ia naik tahta di usia 25 tahun saat ayahnya meninggal dunia akibat kanker paru-paru.

Menikah dengan Pangeran Philip yang berdarah Jerman, pernikahan Ratu Elizabeth berlangsung hingga 73 tahun hingga Pangeran Philip meninggal tahun 2021.

Sejak akhir 2021, kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II memang terus menurun. Tim medis melarangnya untuk mengikuti sejumlah kegiatan dengan alasan “gangguan mobilitas episodik”. Hingga akhirnya Sang Ratu tutup usia pada 8 September 2022.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News