KOMENTAR

GEJALA Covid-19 hampir mirip dengan gejala influenza. Mulai dari pegal-pegal, batuk kering, sakit kepala, sakit tenggorokan, kehilangan nafsu makan, tubuh menggigil, dan berkeringat, dialami baik oleh penderita Covid-19 maupun influenza.

Sama halnya dengan Covid, influenza menjadi penyakit infeksi yang sampai saat ini perlu diwaspadai. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada 2018 setidaknya 3 juta sampai 5 juta orang di seluruh dunia dilaporkan terinfeksi influenza. Dan dari jumlah tersebut, diperkirakan 290 ribu hingga 650 ribu pasien meninggal dunia per tahunnya.

Jelas, kondisi ini tidak bisa dianggap ringan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Inilah yang kemudian menjadi alasan, mengapa vaksin influenza sebaiknya dilakukan setahun sekali oleh seluruh kelompok usia. Mengutip @pandemictalks, berikut ini alasan terbaik mengapa harus vaksin influenza.

Mencegah Koinfeksi dan Menurunkan Derajat Keparahan Covid-19

Untuk menghindari diri agar tidak tertular dari penyakit flu dan mengurangi potensi keparahannya, kita dapat mengoptimalkan usaha dengan melakukan vaksinasi influenza.

Tindakan ini perlu, karena bukti terbaru menunjukkan bahwa vaksinasi terhadap influenza dapat mengurangi risiko mengurangi gejala berat Covid, jika tertular.

Mengurangi Risiko Penyakit Flu Antara 40-70 Persen

Secara umum, ada 2 jenis vaksin flu yang digunakan, yaitu vaksin trivalent dan quadrivalent. Vaksin trivalent adalah jenis vaksin yang mengandung dua galur virus flu jenis A dan satu virus flu B. Vaksin ini memberikan perlindungan influenza sebanyak 40 sampai 50 persen.

Sedangkan vaksin quadrivalent dirancang untuk melindungi 4 jenis flu yang berbeda, yaitu 2 virus flu jenis A dan 2 virus flu jenis B. Vaksin ini tentu saja memberikan perlindungan yang lebih besar, yaitu hingga 70 persen.

Membantu Melindungi Ibu Hamil dan Bayi

Pemberian vaksin influenza ternyata aman untuk ibu hamil, bahkan melindungi ibu hamil dan bayinya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin influenza aman untuk diberikan selama tahap kehamilan apapun. Juga memberikan perlindungan bagi bayi selama beberapa bulan pertama kehidupan mereka.

Melindungi Orang Terdekat

Melakukan vaksinasi influenza, sama artinya melindungi orang-orang terdekat. Termasuk mereka yang rentan terhadap penyakit flu serius, yaitu bayi, anak kecil, lansia, tenaga kesehatan, dan mereka dengan kondisi kronis tertentu.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health