post image
KOMENTAR

PURWAKARTA menyimpan panorama yang luar biasa. Kita bisa melihat keindahannya secara menyeluruh lewat Gunung Lembu. Gunung yang terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta ini merupakan spot terbaik untuk melihat indahnya Purwakarta.

Gunung Lembu memiliki ketinggian 792 mdpl. Walaupun tidak terlalu tinggi, jalur pendakian Gunung Lembu bisa dibilang cukup menantang. Untuk mendaki, kamu cukup datang ke pos pendakian dan wajib mendaftarkan rombongannya. Nanti, kamu akan diberikan peta jalur pendakian untuk memudahkan memilih jalur.

Rute yang menantang adalah jalur dengan kemiringan tanah sekitar 60 derajat, yaitu jalur Batu Lembu. Jika ingin yang lebih santai, kamu bisa memilih Pasirompang. Meski jalannya memutar, tapi cukup landai dan di Pos Air Pasirompang tersedia saung-saung, rumah pohon, mushola sederhana, dan akses air.

Setelah melewati jalur tersebut, kamu akan sampai di jalur berbatu-batu besar yang menurun dan mendaki dengan jurang di samping. Jalur ini dimulai setelah melalui Punggung 3. Dan Ketika menuju Punggung 3, kamu akan menemui dua makam keramat, yaitu Makam Mbah Jongrang dan Mbah Raden Suryakencana.

Selanjutnya, kamu akan menemui lokasi perkemahan yang tidak terlalu besar. Tapi kalau kamu ingin menikmati panorama alam Purwakarta, kamu harus turun Kembali ke Batu Lembu. Dari sana, kamu bisa menyaksikan Waduk Jatiluhur, Tebing Panjang, dan lainnya.

Bagaimana? Berminat untuk menghabiskan akhir pekan kamu di Gunung Lembu? Dari Jakarta, kamu bisa melalui ruas tol Purbaleunyi dan keluar di Pintu Tol Jatiluhur. Kemudian, berbelok ke kanan, ke arah Sukatani.

Setelah itu, belok kanan usai Pasar Anyar dan ikuti jalan menyeberang rel setelah Stasiun Sukatani. Selanjutnya, ikuti jalan yang sudah dibeton sampai Pos Pemberangkatan.




Asyiknya Menghabiskan Waktu di Pantai Gigi Hiu, Jangan Lupa Bawa Kamera!

Sebelumnya

BMKG Prediksi Hujan hingga Akhir Pekan, Ini 7 Tips Aman & Nyaman Bepergian Saat Musim Hujan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon