post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MERENCANAKAN masa depan yang baik untuk anak merupakan kewajiban orang tua. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah biaya pendidikan. Untuk itu orangtua perlu mempertimbangkan untuk membuka rekening khusus tabungan anak-anak.

Kini beberapa bank telah banyak menawarkan produk tabungan untuk anak sekolah, umumnya tabungan tersebut ditujukan untuk anak berusia dibawah 17 tahun, sehingga masih menggunakan data orangtua sebagai identitasnya.

Apa manfaat membuka rekening tabungan untuk anak berusia dibawah 17 tahun? Mari kita bahas

Membiasakan anak mengatur keuangan

Dengan membuka rekening tabungan untuk anak, berarti mengajarkan kepada mereka sebuah tanggung jawab baru yaitu menabung, sehingga anak akan belajar mengatur keuangannya dengan menyisihkan sebagian uang yang mereka miliki untuk mengisi rekening tersebut.

Agar mereka bisa menggunakan uang dengan bijak, kita perlu mengenalkan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan, sehingga mereka bisa lebih paham mana hal-hal yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda.

Melatih kesabaran anak

Mengajari menabung di rekening sejak dini akan melatih kesabaran anak-anak. Mereka akan belajar memperoleh keinginannya dengan cara berjuang menyisihkan uang sedikit demi sedikit. Sehingga anak akan memahami bahwa untuk memperoleh sesuatu mereka harus bersabar dan berproses. Setiap kali menyetorkan uangnya mereka akan gembira dan semangat karena jumlah uang yang mereka tabungkan bertambah.

Mengajarkan menghargai uang

Manfaat dari menabung di rekening berikutnya adalah mengajari anak menghargai uang. Ketika mereka mulai mengenal konsep bahwa untuk memperoleh sesuatu harus dengan cara menyisihkan uang, mereka akan belajar menahan diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang.

Pemikiran mereka sederhana, ketika mereka tidak rajin menabung, maka saldo mereka tidak akan bertambah dan mereka akan lebih lama mengumpulkan uang untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan atau diimpikannya.

Mengajarkan anak memikirkan masa depan

Menabung di bank akan mengenalkan anak tentang konsep Dana Darurat atau Emergency Funds, hal ini mengajarkan anak untuk belajar memikirkan masa depannya. Mereka akan mulai belajar berpikir, jika mereka menabung, uangnya akan bermanfaat di kemudian hari.

Ada sebagian orangtua yang mengajari anaknya membuka rekening di bank, agar uang jajan mereka bisa digunakan untuk tambahan membayar uang sekolah, biaya kenaikan kelas atau kegiatan ekstra kurikuler yang jumlahnya cukup besar. Hal ini cukup baik dilakukan, sehingga anak akan mulai berempati dan menghargai perjuangan orangtuanya membiayai sekolahnya.

Bagaimana tips membuat rekening tabungan anak?

Ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuka tabungan anak, antara lain :

Rekening QQ

Ketika membuka tabungan, sebaiknya orangtua mendampingi anak ke bank. Hal ini penting dilakukan karena umumnya rekening yang dibuka untuk anak adalah rekening QQ, yaitu rekening gabungan yang dibuat jika salah satu pemilik rekening masih di bawah umur, sehingga belum memiliki KTP.

Bank akan membutuhkan identitas orangtua atau wali yang ditunjuk oleh pengadilan sebagai penanggung jawab si anak. Rekening tabungan bersama tersebut dibuka atas nama si anak namun di tambah kode QQ dan nama orangtua yang bertanggungjawab.

Pilih bank yang biaya administrasinya rendah

Tujuan membuka rekening tabungan adalah anak agar uang mereka dapat terkumpul sedikit demi sedikit. Sehingga jangan sampai uang tabungan anak malah berkurang banyak karena biaya administrasi yang tinggi. Sehingga penting bagi orangtua untuk cermat memilih tabungan dengan biaya administrasi seminim mungkin atau nol rupiah.

Pilih tabungan dengan setoran awal kecil

Penting bagi orangtua memperhatikan setoran awal pembukaan tabungan anak, pilihlah tabungan yang setoran awalnya kecil, sehingga anak tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengumpulkan uang agar dapat membuka tabungannya sendiri.

Setoran minimum




3 Tips Mengatur Waktu ala Mas Menteri Nadiem

Sebelumnya

Berikan Waktu Berkualitas untuk Anak Kita, Selamat Berhari Minggu dari Kang Emil dan Arkana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family