post image
Nasi/ Net
KOMENTAR

NASI, kentang, dan pasta disebut sebagai Pati. Jenis makanan ini paling dihindari oleh mereka yang sedang menjalankan program diet. Bahkan ada yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Pati (nasi, kentang, dan pasta) memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Ketika diserap tubuh, maka akan meningkatkan dengan cepat gula dalam darah yang bisa berakibat pada mudah gemuk dan diabetes.

Namun, itu semua tidak akan terjadi jika kita tahu bagaimana cara mengolah dan mengonsumsinya dengan benar.

Praktisi kesehatan, dr Ema Suryani Pertiwi menjelaskan, karbohidrat atau gula pada pati bisa membahayakan tubuh, terutama menggagalkan program diet, jika dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat.

Lalu bagaimana caranya agar diet tetap lancar dan pati tetap bisa dikonsumsi sehingga tubuh tidak lemas?

"Semua Pati seperti roti, nasi, pasta, kentang, bisa tetap dikonsumsi dengan aman oleh diet lovers. Caranya, meningkatkan serat pati pada makanan," kata dr Ema.

Cara meningkatkan serat pati tersebut, jelas pemilik catering sehat @emasuperrdiet ini, adalah dengan mendinginkan makanan tersebut sebelum dikonsumsi.

Jadi, karbohidrat yang didinginkan terlebih dulu dalam waktu minimal 8 sampai 24 jam sebelum dikonsumsi akan meningkatkan serat pati dan sangat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Serat pati, ketika masuk ke usus, tidak bisa dicerna, sehingga sangat baik bagi perkembangan bakteri baik pada usus.

"Untuk mendinginkan Pati tersebut, caranya bisa dengan memasukkan ke dalam lemari pendingin dengan suhu 4 derajat Celcius. Besoknya bisa dikeluarkan dan didiamkan hingga suhu ruang, baru dikonsumsi," jelas dr Ema.

Dengan cara seperti ini, maka akan meningkatkan serat pati tambahan pada karbohidrat dan menurunkan kadar gulanya, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kelebihan lain dari serat Pati adalah mendorong untuk lebih banyak memproses lemak lebih maksimal. Serat Pati tambahan ini juga meningkatkan insulin pada darah, sehingga aman pula dikonsumsi para penderita diabetes.

"Yang perlu diperhatikan, saat mendinginkan makanan Pati tadi, tidak disarankan untuk mendinginkannya pada suhu ruang, karena akan meningkatkan risiko terjadinya pencampuran bakteri pada makanan tadi. Akibatnya nasi akan menjadi mudah basi dan bau," ucap dia.

Karenanya sangat disarankan ketika nasi (atau makanan Pati lainnya) telah matang dan didiamkan sebentar hingga suhu 25 derajat Celcius, segera masukkan ke dalam kulkas dan didiamkan selama 8 sampai 24 jam agar serat Patinya meningkat sekitar 40 sampai 80 persen.

Setelah 8 sampai 24 jam, nasi bisa dikeluarkan dari kulkas, kemudian bisa dihangatkan kembali. Cara seperti ini tidak akan meningkatkan kembali kadar gula maupun karbohidratnya.

Selamat mencoba, ya Sahabat Farah !




3 Tips Mengatur Waktu ala Mas Menteri Nadiem

Sebelumnya

Berikan Waktu Berkualitas untuk Anak Kita, Selamat Berhari Minggu dari Kang Emil dan Arkana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family