KOMENTAR

SEORANG gadis kecil kelahiran California, Amerika Serikat untuk pertama kalinya terbang ke Inggris untuk menghadiri rangkaian acara peringatan Jubilee Platinum Ratu Elizabeth II.

Di tanah kelahiran ayahnya, gadis kecil bernama lengkap Lilibet Diana Mountbatten-Windsor itu juga merayakan ulang tahun pertamanya pada 4 Juni.

Lilibet, nama yang diambil dari panggilan sayang nenek buyutnya, tumbuh menggemaskan. Ia tampak gembira berada di Inggris bersama ayah-ibunya, Duke & Duchess of Sussex serta kakaknya, Archie Harrison Mountbatten-Windsor yang kini berusia tiga tahun.

Berdasarkan silsilah keluarga kerajaan, Lilibet adalah cicit ke-11 Ratu dan berada di urutan ke-8 pewaris tahta

Orangtua Lilibet, Pangeran Harry dan Meghan Markle, mengatakan mereka sangat tersentuh dengan ucapan selamat ulang tahun yang mereka terima untuk Lilibet. Itu termasuk ucapan selamat ulang tahun yang diunggah akun Twitter kakek, juga paman dan bibinya.

Lilibet terlihat tersenyum pada piknik ulang tahun yang diselenggarakan oleh orangtuanya di Frogmore Cottage, Windsor.

Inilah kali pertama Pangeran Harry dan Meghan tampil di hadapan publik Inggris sejak tahun 2020. Keduanya menghadiri kebaktian syukur untuk Jubilee Platinum Ratu di Katedral St Paul.

Pasangan itu juga digambarkan menonton Trooping the Color dari jendela, tetapi bukan bagian dari prosesi kereta atau kelompok bangsawan yang bekerja dan anak-anak mereka diizinkan di balkon Istana Buckingham.

Pangeran Harry dan Meghan mempublikasikan foto Lilibet saat berulang tahun, mengenakan baju berwarna biru pucat dan pita di kepalanya. Foto tersebut diambil oleh fotografer profesional Misan Harriman, yang juga pernah memotret Harry dan Meghan dalam nuansa hitam putih saat keduanya mengumumkan kehamilan anak kedua.

Namun foto Lilibet untuk pertama kalinya dipublikasikan pada Desember lalu untuk keperluan kartu ucapan libur akhir tahun. Lilibet mungil berfoto bersama ayah, ibu, dan sang kakak laki-laki.

Pada ulang tahun pertamanya, Lilibet yang menggemaskan berhasil mengumpulkan uang donasi senilai lebih dari $100.000 (£79.800) untuk World Central Kitchen—sebuah organisasi yang menyediakan makanan bagi mereka yang terkena dampak krisis kemanusiaan, iklim, dan komunitas. Donasi tersebut dikirim dari masyarakat di seluruh dunia yang menggunakan momen ulang tahun Lilibet untuk beramal.

Diketahui, Pangeran Harry dan Meghan memilih tidak menerima hadiah untuk Lilibet namun meminta agar hadiah diberikan dalam bentuk donasi untuk lembaga amal yang telah ditentukan.

Foto Lilibet dirilis pada Senin malam ketika akhir pekan perayaan 70 tahun tahta Ratu Elizabeth berakhir. Hal itu tentu menghindari tuduhan bahwa Pangeran Harry dan Meghan berusaha mencuri pusat perhatian dari Sang Ratu.

Tak hanya soal foto, keduanya juga tidak merinci keluarga mana saja yang menghadiri pesta ulang tahun Lilibet. Semua pertemuan itu dianggap sebagai pertemuan keluarga yang bersifat pribadi dan tertutup.

Seperti dilaporkan BBC, kondisi tersebut terbilang tidak mudah dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan mengingat keingintahuan publik yang sangat besar di sekitar mereka. Keduanya kemudian berusaha untuk tidak mencuri perhatian tapi tetap mengikuti rangkaian acara dengan baik.

Dengan foto terbaru Lilibet, Pangeran Harry dan Meghan menyimpan berita mereka sendiri dari sorotan hingga perayaan Platinum Jubilee Ratu berakhir.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News