post image
Ilustrasi menyiram tanaman/ Net
KOMENTAR

BUNDA yang baru memulai berkebun pernah tidak mengalami si hijau yang tiba-tiba layu atau mati, padahal bunda sudah menyiramnya dengan rutin, setiap hari? Apalagi tanaman tersebut bunda beli baru beberapa hari dan saat dibeli "si hijau" tampak segar-segar saja.

Wah, jangan-jangan bunda salah siram atau justru terlalu banyak menyiram, sehingga tanaman-tanaman kesayangan jadi layu dan mati. Atau bunda pernah menyiram tanaman pada siang hari?

Eh tunggu dulu, memangnya menyiram tanaman di siang hari tidak diperbolehkan, ya?

Tanaman dalam kondisi segar memang tidak boleh disiram pada siang hari. Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut dilarang.

1. Siang hari, proses penguapan terjadi sangat cepat. Jadi ketika bunda menyiram tanaman di siang hari, air akan cepatenguap sebelum tanaman menyerapnya.

2. Tanaman yang disiram dalam keadaan panas, sel-selnya akan menggelembung teriak air dan kemudian pecah. Jika hal itu terus terjadi, maka tanaman akan mati.

3. Menyiram tanaman di siang hari akan membuat akar terstimulasi tumbuh ke permukaan tanah. Akibatnya pertumbuhan akar tanam menjadi tidak normal.

4. Air yang mengalami penguapan akan membuat komponen mineral atau zat terlarut lain yang sebelumnya akan tertinggal di permukaan daun atau bagian tanaman lainnya.

Boleh Disiram Siang Hari, Asalkan..

Ahli menyebutkan, boleh saja tanaman disiram pada siang hari, asalkan kita mengecek dulu keadaan tanahnya. Jika keadaan tanahnya lembab dan daunnya layu, tidak perlu disiram. Itu menandakan tanaman tidak memerlukan air, tanaman hanya kepanasan saja. Menjelang sore, tanaman akan kembali segar.

Namun, jika tanah di sekitar tanaman sangat kering dan daun-daunnya layu, kita harus segera menyiramnya walaupun masih siang. Tanah yang kering merupakan tanda bahwa tanaman kita kekurangan air.

Tapi yang bunda siram jangan tanamannya, ya! Siramlah tanah yang ada di sekitar tanaman. Dengan begitu air akan cepat diserap tanah dan akar.

Jika daun-daun tanaman ditutupi debu,bunda bisa menyiram daunnya untuk menghilangkan debu. Karena debu dapat mengganggu proses fotosintesis.

Nah, begitulah tips menyiram di siang hari. Bunda wajib mengontrol tanah di sekitar tanaman untuk memastikan apakah "si hijau" hanya kepanasan atau memang memerlukan air.

 




Mengapa Persahabatan Bisa Berakhir? Simak Sebabnya Agar Tak Terjadi Pada Anda

Sebelumnya

Kenali Distimia, Depresi Kronis Jangka Panjang yang Berbahaya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family