post image
KOMENTAR

BAGI umat Muslim tentulah sebagian besar dari kita akan memanfaatkan hari Senin untuk menjalankan puasa sunnah Senin Kamis. Ibadah ini diyakini memiliki nilai pahala yang besar selain juga memberi manfaat bagi kesehatan lahir dan batin.

Akan tetapi, puasa Senin Kamis terkadang godaannya terasa lebih berat dibandingkan puasa wajib di bulan Ramadan. Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan agar puasa sunnah ini bisa berjalan lancar.

1. Jangan Tinggalkan Sahur
Sahurlah sebagai awal mempersiapkan puasa kita. Niat berpuasa yang diawali dengan kesungguhan bangun dan makan sahur akan menambah nilai seseorang ketika berpuasa.

Kerugian bila melewatkan sahur diantaranya bisa membuat tubuh lemas, terlebih bila aktivitas kita di hari Senin atau Kamis cukup padat.

2. Perhatikan Menu Sahur
Agar stamina tetap stabil selama berpuasa, usahakan perhatikan menu sahur dengan makan-makanan bergizi seimbang.

Setidaknya harus ada karbohidrat kompleks dan makanan berprotein tinggi yang tersaji dalam menu. Makanan jenis ini akan dicerna tubuh perlahan-lahan, sehingga kita bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

3. Minum air putih 2 gelas saat buka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur
Meski hampir 70 persen tubuh kita berisi air namun tak sedikit orang yang merasa sulit menahan haus saat berpuasa.

Sebagai antisipasi cobalah minum air putih 8 gelas sehari. Memang tidak ada aturan ilmiah untuk minum minimal sekian gelas sehari, namun minum 8 gelas jelas bisa mencegah kita dari dehidrasi.

Sebagai sarann, konsumsi air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat akan tidur malam, dan 2 gelas lagi saat sahur.

4. Vitamin, Madu, Kurma
Agar tubuh fit dan tetap bugar beraktivitas selama puasa, kita bisa minum vitamin sebelum tidur atau saat sahur. Selain vitamin, madu atau kurma juga bisa menjadi pilihan. Selain memang dianjurkan Nabi Muhammad, madu dan kurma memang memiliki kandungan vitamin dan zat-zat yang baik untuk tubuh.

5. Ingat Selalu Puasa Memiliki Banyak Manfaat
Orang terkadang mengurungkan niat berpuasa karena takut menjadi lemas seharian atau takut pekerjaan terganggu karena rasa lapar yang melanda. Namun, perlu kita pahami bahwa puasa itu sebenarnya justru membuat lebih sehat. Pola makan sahur dan berbuka efektif untuk mengistirahatkan lambung.

Selain itu, metabolisme tubuh juga menjadi lebih lancar karena puasa bisa menyebabkan penyerapan nutrisi lebih optimal. Dengan begitu pada dasarnya tubuh kita butuh untuk puasa.

6. Lakukan Hal-hal Positif
Meski menahan lapar dan haus, bukan berarti puasa dipakai sebagai alasan untuk tidur seharian. Kita tetap bisa memanfaatkan waktu disela-sela kesibukan dengan hal positif. Membaca Alquran, Berdzikir, atau bersedekah, atau mengerjakan tugas-tugas yang tertunda.

7. Mengajak Orang Dekat Ikut Berpuasa
Menjalani puasa Senin Kamis akan terasa lebih berat disbanding puasa ramadhan. Karena tidak semua muslim melakukan ibadah puasa sunnah ini. Mengajak orang terdekat seperti keluarga, saudara, teman untuk ikut berpuasa sunnah bisa membuat kita lebih kuat.

Puasa Senin Kamis adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Jika kita rutin melakukannya, kesehatan menjadi lebih prima selain jiwa kita yang akan terasa lebih tenang.

Adapun manfaat puasa untuk kesehatan diantaranya adalah membantu memperbaiki kondisi medis, menyehatkan jantung, mengurangi risiko kanker, memperbaiki metabolisme, memperpanjang usia dengan kesehatan yang prima.



Close X

Jangan Siram Tanaman saat Siang Hari, Ini Sebabnya!

Sebelumnya

Ada 4 Cara Agar Dihormati Orang Lain, Apa Saja?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family