post image
CEO Pfizer Dr Albert Bourla/AP
KOMENTAR

MANUSIA kemungkinan akan membutuhkan vaksinasi Covid-19 setiap tahun selama beberapa tahun ke depan untuk menciptakan kekebalan yang sangat tinggi.

CEO Pfizer Dr Albert Bourla berpendapat, kemunculan varian baru virus corona membuat vaksinasi Covid-19 tahunan menjadi sangat penting.

Bourla mengatakan, vaksin telah membantu menyelamatkan jutaan nyawa selama pandemi. Tanpa adanya vaksin, maka struktur fundamental masyarakat akan terancam.

Dengan kemunculan varian baru B.1.1.529, Pfizer tengah mengembangkan vaksin untuk varian Omicron selama 100 hari.

Di tengah semakin dibutuhkannya vaksin, beberapa badan amal kesehatan global menyebut produsen vaksin tidak bermoral karena berusaha meraup keuntungan selama pandemi.

Tahun ini saja, Pfizer menghasilkan setidaknya 35 miliar dolar AS dari penjualan vaksin Covid-19. Meski demikian, Bourla tidak menyesal tentang membuat keuntungan.

"Kami telah menyelamatkan ekonomi global triliunan dolar. Ini adalah insentif yang kuat untuk inovasi untuk pandemi berikutnya," ujar Bourla.

Selain vaksin, Pfizer juga telah mengembangkan pil antivirus, Paxlovid, yang dalam uji coba mampu memangkas kematian di rumah sakit hingga hampir 90 persen.

Close X

Komnas KIPI: Efek Samping Vaksin COVID-19 pada Anak Cenderung Lebih Rendah Dibandingkan Orang Dewasa

Sebelumnya

LSPR Tanda Tangani MoU, Lanjutkan Kerja sama dengan New York Film Academy

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News