post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PUTRA Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Ameer Azzikra, meninggal dunia pada Senin (29/11/21) setelah dirawat di ruang ICU RS EMC Sentul akibat komplikasi infeksi liver dan infeksi paru.

Mengutip informasi dari Mayo Clinic, liver adalah organ tubuh yang berada tepat di bawah tulung rusuk pada sisi kanan perut dengan fungsi sangat penting untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun.

Liver bisa menderita penyakit yang diturunkan (secara genetik) dan bisa juga disebabkan berbagai faktor perusak seperti virus, penyalahgunaan alkohol, serta obesitas. Penyakit liver merupakan istilah yang mengacu pada segala kondisi yang memengaruhi kesehatan liver.

Seiring waktu, kondisi yang merusak hati tersebut dapat menyebabkan jaringan parut (sirosis) yang kemudian dapat menyebabkan gagal liver—sebuah kondisi yang mengancam jiwa. Namun dikatakan, pengobatan dini dapat memberi waktu yang cukup agar liver bisa sembuh.

Lalu apa yang disebut infeksi liver? Dan mengapa infeksi liver bisa sangat membahayakan hingga berujung pada hilangnya nyawa seseorang?

Infeksi liver merupakan salah satu penyakit pada liver yang paling banyak ditemui. Infeksi menyebabkan terjadinya inflamasi pada liver. Akibat peradangan yang terus terjadi, liver yang merupakan organ vital tubuh menjadi rusak dan gagal fungsi.

Dikutip dari WebMD, gejala infeksi liver bisa bervariasi berdasarkan penyebab yang melatari terjadinya infeksi. Adapun penyebab infeksi yang paling sering ditemui yaitu virus Hepatitis A, B, dan C. Selain virus, parasit lainnya juga bisa menjadi penyebab infeksi liver. Mayo Clinic bahkan menambahkan kondisi autoimun sebagai salah satu penyebab terjadinya masalah pada liver.

Ketika virus dan parasit menginfeksi lalu merusak liver, maka kerusakan itu dapat menyebar ke organ tubuh lain lewat darah atau air mani. Kondisi itulah yang dapat memicu kerusakan organ-organ lain.
Gejala infeksi liver yang banyak ditemui adalah mual, muntah, nyeri perut bagian kanan atas, dan adanya penyakit kuning. Meski demikian, pada tahap awal, infeksi liver acapkali tidak memperlihatkan gejala.

Berikut ini adalah beberapa gejala infeksi liver yang jika ditemui, harus segera dikonsultasikan ke dokter.
-    Kulit dan mata kekuningan
-    Kulit gatal
-    Sakit dan bengkak pada perut
-    Bengkak pada pergelangan kaki
-    Mudah mengalami memar
-    Merasa sangat lelah berkepanjangan
-    Kehilangan selera makan
-    Mual dan muntah
-    Warna urine gelap
-    Warna tinja pucat

Untuk mengobati infeksi liver, beragam metode pengobatan bisa ditempuh. Dari mengonsumsi obat-obatan hingga operasi dan transplantasi. Namun semua itu harus didukung dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

 

 

Close X

Kenali Henti Jantung, Penyebab Kematian Putri Nurul Arifin

Sebelumnya

Terinfeksi Omicron? dr Tirta: Jangan Panik, Cukup Istirahat 5 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health