Wang Yaping menjadi perempuan pertama asal China yang berjalan di luar angkasa/ Net
Wang Yaping menjadi perempuan pertama asal China yang berjalan di luar angkasa/ Net
KOMENTAR

ASTRONAUT Wang Yaping baru saja menorehkan namanya dalam sejarah dunia setelah menjadi perempuan pertama asal China yang berjalan di luar angkasa (spacewalk)

Dilansir Insider.com, aktivitas spacewalk dilakukan saat Wang dan Zhai  Zhigang menjalankan tugas selama enam jam di luar stasiun luar angkasa Tiangong sebagai bagian dari konstruksi yang sedang berlangsung.  

Spacewalk yang dilakukan Wang merupakan aktivitas yang dilakukan pertama kali oleh para kru pesawat luar angkasa saat keluar stasiun sejak kedatangan mereka pada 16 Oktober lalu.

Tak lama setelah melangkah keluar dari kabin stasiun luar angkasa pada hari Minggu, Wang terlihat melambai ke arah bumi dalam sebuah video yang dirilis oleh pusat kendali penerbangan yang kemudian viral di media sosial China.

Dituliskan bahwa stasiun luar angkasa Tiangong menjadi pencapaian terbaru China dalam ambisinya menjadi kekuatan besar luar angkasa, setelah mendaratkan kendaraan luar angkasa di Mars dan mengirimkan wahana luar angkasa ke bulan.

Modul inti Tiangong mencapai orbit di luar angkasa pada awal tahun ini dan diperkirakan akan mulai beroperasi tahun 2022 mendatang.

Zhai yang menjalankan misi bersama Wang adalah sang komandan. Ia merupakan mantan pilot jet tempur dan menjadi warga China pertama yang melakukan spacewalk tahun 2008 silam.

Wang Yaping sendiri merupakan pilot militer China dan seorang kapten di Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China. "Ini menandai extravehicular activity (EVA) pertama dari awak Shenzhou-13 dan juga pertama kalinya dalam sejarah luar angkasa China melibatkan partisipasi astronaut perempuan," demikian pernyataan Badan Antariksa Berawak China pada Senin (8/11/21) waktu setempat. Tiangong diperkirakan akan beroperasi setidaknya selama 10 tahun.

Tiga astronaut itu menjadi kelompok kedua yang tinggal di sana, dengan Wang menjadi astronaut perempuan pertama yang bertugas.

Wang adalah perempuan kedua China yang melakukan misi di luar angkasa. Sebelumnya, Liu Yang mencetak sejarah dengan bergabung bersama kru pesawat luar angkasa Shenzhou-9 pada tahun 2012.




Raih Nusantara Award 2024, Anna Mariana Konsisten Lestarikan Wastra Nusantara Serta Memajukan Pelaku UMKM dan Ekraf

Sebelumnya

Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women