KOMENTAR

KEINDAHAN alam Indonesia memang sungguh luar biasa. Tidak heran jika banyak turis mancanegara yang mau berlama-lama tinggal di Indonesia guna mengeksplorasi kecantikan Nusantara.

Dan di tengah kebangkitan wisata Indonesia usai pandemi, ada kabar menggembirakan. Tiga desa wisata terkenal masuk sebagai nominasi ajang UNWTO Best Tourism Vilage 2021.

Yaitu Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kemudian Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Desa Wisata Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Ketiga desa wisata ini akan bersaing dengan desa-desa wisata terindah di dunia seperti Murcia (Cehegin) Spanyol, Alonissos, Westerb Samos, dan Soufli di Yunani, dan desa wisata lainnya di Asia.

Apresiasi yang sungguh luar biasa diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno atas pencapaian ini.

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah kita bersama dalan menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat," kata Sandiaga.

Apa yang membuat ketiga desa wisata itu bisa mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut? Farah.id mencoba mengupas keindahan yang ditawarkan ketiga desa ini.

1. Desa Wisata Nglanggeran

Pada desa yang terletak di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul ini ada daya tarik turis mancanegara yaitu Gunung Api Purba yang merupakan bagian dari Geopark Gunung Sewu (Geopark yang diakui dunia).

Menelusuri Gunung Api Purba, wisatawan akan disuguhkan dengan keunikan Kampung Pitu, yaitu kampung yang diisi oleh 7 keluarga saja.

Keindahan Desa Nglanggeran juga tampak pada sistem pengairan kebun warga. Dikenal dengan Embung Nglanggeran, yaitu semacam danau seluas 0,34 hektar yang sangat cantik.

Warda Desa Nglanggeran pun sangat kreatif. Kerajinan tangan seperti batik topeng, olahan spa, batik tulis motif gunung Api Purba dan cokelat, batik jumputan menggunakan kelereng dan batu, serta batik eco print yang menggunakan papaya, singkong, dan kenikir, menjadi buah tangan yang tidak dilewatkan oleh wisatawan.

Belum lagi suguhan Tarian Reog Nglanggeran, GejogLesung, Jathilan, Kenduri, Karawitan dan Festival Kirab Budaya yang sungguh luar biasa.

2. Desa Wisata Tetebatu

Keindahan alam Desa Wisata Tetebatu yang terletak di Lembah Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, sangat indah. Setiap wisatawan lokal maupun mancanegara tidak akan bosan mengeksplorasi kecantikannya.

Di desa wisata ini, wisatawan bisa mengeksplorasi keindahan Gunung Sangkareanh dan Gunung Rinjani. Belum lagi dua air terjunnya yang sangat menggoda, yaitu air terjun Sarang Walet (Bat Cave) dan air terjun Kokok Duren.

Ada juga wisata hutan monyet, kebun kopi, cokelat, vanili, dan cengkeh. Meskipun milik warga, wisatawan bisa ikut menanam bibitnya, jika sedang musim tanam.

Wisata religinya juga ada. Di sana ada Al Qur'an kuno berjsia 200 tahun yang terbuat dari kayu dan kulit onta dan ditulis tangan. Al Qur'an kuno ini  disimpan di Bale Kemaliq di Dusun Tetebatu Lingsar, Kecamatan Sikur.

3. Desa Wisata Wae Rebo

Sering disebut sebagai desa di atas awal karena terletak di ketinggian 1.000 mdpL. Perlu perjuanga ekstra untuk mencapai Desa Wae Rebo. Namun setelah sampai di sana, semua rasa lelah akan terbayar karena kecantikannya.

Keindahan yang ditawarkan Desa Wae Rebo adalah rumah adat berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang. Desa ini dikelilingi pegunungan, lengkap dengan kabut sehingga memberi kesan magis, damai, tenang, dan sejahtera.




Dewan Pers: Kepala Sekolah Jangan Takut Hadapi Oknum yang Salahgunakan Profesi Wartawan

Sebelumnya

Pemerintah Tunda Pemberlakuan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Hingga Oktober 2026

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News